Saturday 7 December 2013

Korea Trip Part 2: Transportasi dan ke Hotel

Transportasi
Begitu nyampe di airport, setelah kelar urusan baggage claim dan imigrasi, kita langsung isi T-money card. Jadi Tmoney ini kayak debit card gitu yang bisa dipake untuk transportasi, kayak subway, bus dan taxi dan di beberapa tempat bisa buat beli makanan.  
Untuk lebih jelasnya bisa liat website ini:
Kebetulan kita dipinjemin kartu sama bos aku, jadi tinggal di top-up aja. Nanti tiap naik subway bis, atau taxi tinggal di tap aja kartunya (kayak kartu FLAZZ deh). Terus pas pulang kalo ada sisa balancenya bisa direfund, dikurangi KRW 500 svc charge. Sedihnya pas pulang, karena buru2 kita kelupaan dong refund uangnya. Hiks. Masih lumayan banyak balancenya, satu kartu ada sekitar KRW 10,000 (FYI 1KRW = RP 11.5) dan kita ada 2 kartu..
Transport to or from airport (Incheon)
Setahu aku ada 3 metode transport to or from airport:
·         Naik subway (a bit repot kalo bawa barang banyak)
·         Naik airport limousine/bus -> kemarin pas datang kita naik airport limo ini. Ini semacam bis pariwisata gitu sih (ga tau kenapa disebutnya limousine), jadi kita bisa taroh luggage kita dibawah bis. Cara naiknya tanya dulu di informasi untuk ke hotel kita perlu naik nomor berapa dan nunggunya di exit no berapa, trus tinggal beli tiket di depan pintu keluar airport dan tunggu di bus stopnya.
Pas lagi nunggu di bus stop si Faith bilang mau masuk lagi, ternyata dia kedinginan.. hehehe ternyata jaketnya gak cukup anget.

Cuman kemaren salah tuh, hotel kita kan Fraser Place ada dua cabang, satu di Central satu di Namdaemun Market. Kita naik yang turun di Central. Jadi dari situ akhirnya kita naik taksi lagi. Naik bis KRW 15,000 per orang, Faith belom bayar. Terus naik taksi lagi KRW 4,000. Katanya kalo turun di Namdaemun cuma KRW 10,000.

Foto di airport limousine (alias bis hehe)
·         Naik taksi (muahallll, pas pulangnya karena bus stopnya gak ada yang didepan hotel,dan kita kerepotan bawa 2 koper dan 1 stroller, kita naik taksi, argonya nyampe KRW 74,000 untung diganti kantor walopun agak ga rela hehehe)
Subway
Selama disana kita mostly naik subway kemana2.
Sebenernya sih subwaynya lumayan lah mirip2 sama Singapore MRT, tapii line-nya jauh lebih banyak dan ngejelimet.. Terus baca2 juga subway disana yang operasiin ada 3 perusahaan yang berbeda.. jadi pelayanannya agak berbeda dikit dan beberapa line udah ada dari taun 70-an, jadinya ada kereta/stasiun yang keliatan lebih kuno (hiks, kalo tau gini berasa Indo kok terbelakang banget yah).
Terus yang kita sebelin sih subwaynya gak stroller friendly sama sekali L Banyak tangga2 dan gak semuanya ada elevator L terus exitnya jauh2 hehe capek juga deh.. Biasanya kalo tangga2 gitu kan lebih cepet kalo Faith kita gendong, terus stroller kita tenteng. Nah masalahnya kalo udah digendong si Faith kadang2 suka gam au duduk di stroller lagi hehehe.. kalo dah gitu kan repot hehehe..
Hotel 
Kita nginep di Fraser Place Namdaemun. Letaknya lumayan strategis, deket Namdaemun Market, Myeongdong. Kalo subwaynya sendiri deket sama City Hall, dan kalo mau jalan dikit bisa juga ke Seoul Center.
Hotelnya designnya minimalis dan masih baru, free wi-fi (kayanya di Korea dimana2 wi-fi nya kenceng sih), terus kemaren dapet rate KRW 145,000 plus ppn 10%. Kalo liat di agoda juga kira2 segituan lah. Lumayan juga, dan since dibayarin kantor jadi ya gak banyak mikir hehe..  Kalo pergi sendiri mungkin bisa consider hostel2 gitu… kata temenku dia pergi rame2 bareng temen2nya bisa dapet semalem berapa ratus ribu rupiah doang nginep di hostel.
Breakfastnya American buffet gitu, standard lah ada cereal, roti2, sosis, etc. Dapet water bottle 2 buah, tapi orang sana baik2 pas lagi bersiin kamar dia ngasih Toma air lebih, mungkin kesian liat Toma ngurus Faith sendirian hehehe..  

8 comments:

  1. Hihi... sama kayak Madeline kalo udah turun dari stroller susah banget disuruh duduk di stroller lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya kita mau meminimalisirkan adegan turun naik stroller hehe tapi cape juga gotong2 stroller plus faith :)

      Delete
  2. Iya yah.. Rasa2nya urusan transportasi Indo emang jauhhh ketinggalan.. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, kayanya rata2 di asia semua udah punya MRT yah..

      Delete
  3. Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  4. Lokasi hotel mudah untuk ke mana2 tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lumayan dia deket dengan 2 subway gitu..
      deketnya ya ga deket2 amat sih, mesti jalan.. tapi within walking distance kok.

      Delete