Saturday 16 November 2013

Daniel 4 months: disunat

Gak kerasa udah 4 bulan aja si Dede...
Belum diimunisasi lagi, karena kemaren itu dede disunat dan pilek lagi..
Tapi kemarin sempet nimbang dede, beratnya sekitar 7.1kg.
Update: berat 7.4kg, panjang 66 cm -> kata dsa suruh ati2 obesitas? padahal kalo diliat dari chart, masih tengah2 kok si dede..

Perkembangannya sekarang udah bisa menggenggam dengan kuat, terus kepala juga udah tegak bener.., kalo digendong juga kaki nendang2 kaya mau berdiri..
Dede mulai main ludah... mama rambut mulai rontok (kok bisa barengan sesuai mitos ya?)
Tapi dede belom bisa tengkurep sendiri.. udah miring2 sih... hehe, ga usah worry lah.. nanti juga bisa.

Disunat
Sebelum dede lahir aku udah berniat untuk langsung disunat, pertimbangannya kalo waktu bayi penyembuhannya lebih cepet dan anaknya belom bisa terlalu ngerasa sakit gimana.. karena kadang sakit itu berasa dari pikiran juga ya, kalo udah takut rasa sakit bisa double.. Dan kalo anak udah gedean bingung gimana cara ngasih taunya kenapa dia harus disunat.. nah kalo udah lebih gede lagi pas dia udah ngerti kenapa harus disunat (pas udah remaja gitu), kasian juga, mungkin dia udah malu..

Nah tapi pas tanya sama dsa-nya, katanya aku suruh tanya dulu biayanya berapa, karena di RSPI yang dokter bedah anak itu adalah professor dan biayanya bisa2 lebih tinggi dari biaya melahirkan...
Pas tanya2 emang sempet shock sih biayanya mahal banget.. Rp 7-8 juta..  terus yang bikin gak sreg lagi, katanya dibius total.. yang pake masker dihidung gitu sih..  cuman kasian aja masa bayi harus dibius total ya..

Akhirnya setelah tanya2 temen, rata2 mereka juga gak pada sunatin anaknya pas baby.. jadi ya udah aku pikir gak usah lah sunat sekarang.. nanti aja..

Tapi pas masuk kerja ada temen kantor yang ngomong mendingan disunat sekarang... temen2nya pada nyesel gak sunatin anaknya pas baby... Mulailah kepikiran untuk sunat lagi.. browsing2 sana sini.. Sempet maju mundur sih, bingung soalnya, pada bilang kasian masih bayi kok disunat... terus ada yang bilang kalo di luar negeri gak boleh sunatin anak, soalnya against human right.. katanya anaknya bisa trauma dll..

Tapi aku mikir lagi kadang emang sebagai orang tua kita harus tega, sakit sekarang tapi nanti kedepannya lebih enak... kalo nurutin apa yang anak mau, mungkin sekarangnya enak tapi saat dia udah besar nanti akan lebih susah lagi.. Ini berlaku buat semua hal, bukan cuman sunat aja.. Kayak kita harus cari cara supaya dia mau makan makanan bergizi, punya manner yang bagus, bisa lepas dari botol susu, toilet training dll.. itu kan semua untuk kebaikan dia di masa depan..

Akhirnya setelah browsing2.. aku memutuskan untuk sunat dede di rumahsunatan.com
Pake metode smart klamp.. jadi dipasang semacam tabung gitu, baru dipotong kulitnya.. , nanti tabungnya dibiarkan sampe lukanya kering, dalam 4 hari dicopot. Katanya prosesnya cepet, pendarahan minimal dan udah bisa mandi seperti biasa.
Biayanya Rp 1,05 juta (termasuk obat dan alat dan konsultasi semau kita) terus yang melakukan juga dokter..

Tanggal 19 October dede disunat..
Prosesnya adalah disuntik anestesi dibagian penis.. (sekitar 4 suntikan)..
Dede nangis sebentar abis gitu udah..
Abis gitu ditunggu sampai udah kebal.. lalu dokter mulai menjalankan aksinya..
Gak lama sekitar 5-10 menit.. udah selesai..
Kita lalu dibawain goody bag isinya obat antibiotik, obat parasetamol (jika perlu), kain kasa, betadine. Dede dikasih boneka bola.

Dokternya berpesan dirumah kalo abis pipis, dibersihkan dengan cara masukin air ke tabungnya, lalu dikeluarkan lagi dan diulang sampai bersih. Kepala penis lalu ditetesi obat antibiotik cair di dalam tabung dan disekitarnya.. Kalo mau boleh dibungkus dengan tissue/kain kasa supaya tabungnya tidak menekan kulit saat tidur.
Dede boleh mandi seperti biasa, dan pake pampers yang longgar aja.

Habis disunat siangnya dede agak rewel.. mungkin karena gak dipakein pampers..
Setelah dipakein pampers dia lebih tenang,...
Obat parasetamolnya diminumin sekali doang pas baru pulang sunat itu,.. abis gitu gak diminumin lagi karena dia gak panas dan gak rewel juga.
Tadinya kita bingung gendongnya, takut tabungnya menekan.. tapi ternyata si dede biasa aja tuh.. dan dia emang sukanya digendong berdiri gitu.. gak mau gendong bayi..

4 hari kemudian balik lagi ke rumah sunatan...untuk buka tabung..
Setelah buka tabung, di sekitar "cincin"nya ditetesin betadine saat ganti pampers.
Nanti akan jadi putih2 lalu lukanya mengeriing dan lepas..
Kata dokter mungkin dede akan berasa sedikit ngilu.. tapi ternyata dede biasa aja abis dilepas..

Bersyukur banget everything went well..
Aku merekomendasi metode smart klamp ini.., gak pendarahan, terus bisa langsung mandi seperti biasa, juga lebih rapi karena saat motongnya ada tabungnya jadi kayak ada ukurannya gitu..

Happy 4 months old dede Daniel.. we love you :)





8 comments:

  1. Gemes deh ama Daniel, kayaknya mantep tuh gendong dia :)
    Kalo aku punya anak cowok, sepertinya akan sunat bayi aja. Ini kayak kalo anak cewek tindik ya. Lebih baik pas dia masih bayi, nggak inget sakitnya kayak apa, terus sembuhnya juga cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mantep emang badannya hehe..
      iya tapi kalo anak cewek ditindik gak terlalu sakit.. kalo disunat lebih sakit..

      Delete
  2. Foto terakhir itu lho Daniel gayanyaa ga kuat..huahahah.. Calon foto model nihh :p Iya yah, mending pas bayi yah di sunat nya.. Bakal diinget2 nih infonya :D

    ReplyDelete
  3. Ampyuuun Daniel lucu bangeeet, sehat2 terus yaa.. kiss kiss

    ReplyDelete
  4. Wow, Daniel kelihatan sehat sekali ya! Thanks for sharing ttg sunat ini Bon, harus aku inget baik2 in case suatu saat perlu informasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mayo... iya buat adenya Alice hihihi

      Delete