Wednesday, 26 September 2012

Sekolah dimana ya?

Belakangan mulai berpikir soal sekolah Faith…
Dengan naiknya tuition fee tiap tahunnya, lebih tinggi dari inflasi, mulai berpikir buat investasi untuk sekolah Faith.. (telat banget ya??)

Nah kalau mau investasi itu kan harus tahu biaya sekolahnya, berapa tahun lagi akan due, lalu di present value-in untuk dapetin nilai yang harus ditabung sekarang, hehe ribet yaa??

Tapi masalahnya skrg sekolahan di Indonesia udah beragammmm.. sampe bingungggg.. Boro-boro research biayanya, mau sekolah dimana aja bingung..

Saturday, 22 September 2012

Happy 20 months old Faith!

Hi Faith..
Sekarang kamu udah 20 bulan..., 4 bulan lagi udah 2 tahun!! How time flies ya..
Kadang mama pengen waktu berhenti jadi kamu segini2 aja dan mama tetep muda aja hahaha ga mungkin ya??

Anyway nanti saat kamu udah gede, makin dewasa dan makin wise, mama berharap kamu gak lupa sama karakter yang udah kamu punya sekarang ya..

Curious about anything, want to learn something new everyday.. 
Remember when you were curious about straw, steamer, sticker? 
Maybe later you will find your interest in music, technology, sports, fashion, physics, chemistry, cooking.. you name it..., yang pasti harus learn something new everyday! sampe tua juga mesti learn something new yaa..
Oh ya, curious tapi jangan kepo ya .. , there are some boundaries like people's privacy that you can't enter :)

Be happy on simple things..
Money can't buy happiness.. please remember how you were so happy with toys we made up with things around the house :)

Enjoy life..
Dance to the music, laugh out loud, make a funny face.. and remember, wear a smile, one size fits all..

Easy to forgive and forget..
Jangan jadi pendendam ya... Sekarang Faith kalau dilarang paling cuman mewek sebentar abis gitu happy lagi.. Nanti kalo udah gede juga jangan gampang ngambek yaa.. Holding an anger is like grasping a hot coal with the intent of throwing it at some else, but you are the one getting burned (kynya quote dari Buddha).

I love you Faith.

Love,
Mama


Letter to Faith 25 Aug 2012


25 Aug 2012
Hi Faith,

Kamu udah tidur sekarang sama papa, makanya mama punya waktu untuk browsing2 hehehe :)
Hari ini kita jalan2 lagi.. udah seminggu ini mama sama papa libur dan bisa jagain dan main sama kamu seharian. Kita bingung kamu kok banyak banget ya energinya, apalagi kalo abis bangun tidur hehe bisa ketawa2, lari2, joget2..
Kamu juga anak yang baik, gak rewel diajak jalan2 kesana sini.., anteng nemenin mama belanja :p mau duduk anteng di stroller, di baby chair. Nunjuk2 baju angry bird atau mainan Thomas, tapi gak minta beliin juga hehehe.. Kata orang2 kamu anak paling anteng, and yes we're thankful of that.
Maafin mama ya kalo suka gemes kalo kamu suka gak mau makan atau sikat gigi :) tapi kenapa ya kalau lagi jalan2 ke resto kamu makannya gampang? Masakan mama gak enak ya? hehehe..
Anyway,  you have to remember to love your God first above everything and walk in His way.
And you have to know that mama and papa love you so much no matter what.

Kiss and Hug,
Mama

She doesn't talk yet - no worries!

Setelah menulis panjang lebar tentang Faith yang belom banyak ngomongnya, ketemu link ini dari babycenter.com. Link ini cukup menenangkan hati... :)
Aku copy paste disini yaa..

My 18-month-old doesn't talk yet. What should I do? -> Faith udah 20 bulan nih??

Most children have learned to say at least one word by the time they're 12 months old, and it's unusual for a child to not be speaking at all by 18 months. But although it's not typical, your child's situation is not necessarily cause for great concern, either. Boys, especially those under 2, tend to develop language skills more slowly than girls, and some more cautious and reserved children tend to wait until they understand a great deal of what they hear before they actually speak. -> sepertinya Faith termasuk grup yang ini.. 

Look for these signs of language readiness:

• Does your child point? Pointing to something he wants or to pictures in a book is closely related to the beginning of actual speech. -> udah banget dari setaunan.. 

• Does he seem to understand what you say? The ability to understand languageprecedes the ability to talk. If your child seems to comprehend a great deal of what others are saying, he's well on his way to talking. -> ngerti banget, udah bisa disuruh2 pula hehe, kasihin ini ke papa, cium mama, salaman, dada,..kiss bye

• Does your child use gestures and facial expressions to communicate? Many children communicate what they need nonverbally, and in fact most toddlers develop a host of nonverbal signals. Until about 24 months, it's more important that your child is making some kind of effort to communicate than that he has a large vocabulary. -> yup udah

• Does your child grunt? This may seem like a strange question, but new research shows that the little grunts toddlers make while pointing to pictures or playing with toys are actually a kind of commentary. Children who aren't yet talking and don't grunt are more likely to later be diagnosed with a language delay.  -> yup udah, kalo lagi mau sesuatu suka a bit grunting sambil nunjuk2

If your child isn't showing these signs of readiness, you may want to make an appointment for a speech and hearing assessment. Most public schools offer free screenings; if yours doesn't, try contacting the county office of education. In general, the earlier a language delay is detected, the easier it is to treat. Many language problems can be treated very effectively during the preschool years so that your child will have no long-term deficits.

Wah jadi Faith udah menunjukan signs of language readiness.. , ga perlu worry!!
Dasar emak parno!! hehe 
Kira2 emak lain parno kayak g ga ya???

Friday, 21 September 2012

Outdoor photo with Hoop by Hoptografi

I’ve been wanting to take Faith for a photo session with my cousin, Elia (ci Yaya) (Hoop by Hoptografi), since Faith turned one. Ci Yaya took Faith's pic at 4.5 months as well.

At first I wanted to take a family picture with us all wearing the same batik dress (shirt for Toma), but even until now they are not finished yetL. So I went ahead and schedule an appointment with ci Yaya without waiting them to be finished.

Ci Yaya suggested taking an outdoor pictures since usually kids were more willing to be photographed outdoor (with them busy playing, etc.). She also said that the best time to take outdoor pictures was in the morning/afternoon. Since Faith was usually happier in the morning, we booked a morning session. However close to the date, ci Yaya said that she couldn’t make it in the morning and suggested an afternoon session. Since we had nowhere to go, I agreed to the suggestion .

Ci Yaya also talked abot the concept, pastel colour (tutu and baloon) and little red riding hood. I trusted her with the concept.. since I had no idea myself hehe..

I was actually a bit worried about the session (why do mom constantly worried??).
Here is my list of worries (haha):
  1. Faith’s mood – no smile, sleepy (mau digendong terus), cry?
  2. Faith’s appearance –  didn’t want to wear bandana -> she looks cuter with bandana on J
  3. Weather – too hot (make her hair’s wet (lepek)J), rain, cloudy?
  4. etc..
Then I thought, come on, this was just a photo session!
Wondering what I’ll be on her wedding day ???

Anyway, the photo session went great. All my worries did not come true.

Ci Yaya did a good job capturing the moments.  Taking pictures of toddler is not easy I must say. You have to be quick capturing the moments and have to be creative and flexible (since toddler can’t follow your instruction yet).

I was also amazed that she worked very fast. We took pictures yesterday afternoon, and she uploaded the pictures the same day.

Anyway here are some of the pictures….




She wanted to wear a bandana! yay!


Oops keliatan :) agak lama nih dia mau main di playground, sampe mesti diangkut dari sini hehe

Tadinya dia pindahin pasir ke semak2, terus disuruh Toma masukin pasir ke bolongan itu, eh untung dia mau.. :)
Muka ketangkep basah hehe

Ooh disini ternyata apelnya..

Faith the little red riding hood
duduk duduk kayak lagi nunggu bis ya hehehe
If you're interested to have a baby/kids/family picture, please don't hesitate to contact Elia at www.facebook.com/hoopbyhoptografi :)

Sunday, 16 September 2012

Video: Some of her dance moves :)

Faith likes to dance to music...
This video shows how her dance moves have improved over time.. hehehe

Saturday, 15 September 2012

Hence the name..

Maybe because we named her Faith...so our faith is tested...

Sebagai orang tua pasti terkadang tanpa sengaja kita bandingin anak kita dengan anak orang lain..
Beberapa hari yang lalu dengar cerita dari temen tentang anaknya yang lebih kecil dari Faith 2 minggu udah bisa nyanyi, terus udah bisa berhitung, ngomong juga udah lancar...
Terus anak temen yang satu lagi, yang seumuran juga, udah bisa menyelesaikan kata orang tuanya.. misalnya orangtuanya bilang "Ban.." (sambil nunjuk bantal), anaknya bilang "Tal.." dll...
Terus baca di blog orang juga yang anaknya seumuran, udah bisa ngomong banyak.. Jump, Ibu, dll..
Gak bisa deny deh, dalem ati berpikir... kok Faith belum bisa ya??

Hal ini terjadi dari sejak Faith masih bayi..
Dulu pas jaman mompa bareng2 di kantor, pada cerita anaknya udah bisa tengkurep.. Dalam hati berpikir kok Faith belum ya… padahal seumuran..
Tapi gak lama Faith bisa juga…

Terus anak temen lain udah bisa merangkak, katanya udah kemana-mana, cape jagainnya..
Dalam hati berpikir kok Faith belum ya…
Terus sampe dirumah suka peragain ke Faith gini lho caranya merangkak.. hihihi... *jadi malu sendiri*, mungkin Faith bingung ini kenapa bapak emaknya kok aneh gini.. =)
Terus.. gak lama Faith bisa juga merangkak..

Sama juga dengan jalan..  bisa dibilang Faith termasuk lama jalannya..15 bulan baru jalan, mintanya digandeng terus padahal gandengnya cuman basa-basi.. soalnya berasa dia udah ga lean on kita lagi.. tapi dia ga mau lepas gandengan..
Mungkin memang Faith anak yang hati-hati ya? Mau melakukan sesuatu kalau dia udah yakin bisa..??
Soalnya pas baru bisa merangkak kan pertamanya dia merangkak di kasur, terus kalau mau turun ke lantai, dia ketok2 dulu lantainya hehe.. pastiin ini keras kayanya.. J

Jalan juga gitu, pertamanya berani di kasur.. tapi pas dia udah berani jalan, jalannya langsung lancar, gak ada tuh jalan2 sempoyongan.. udah tegap dan langsung kayak mau lari..

Nah sekarang tinggal ngomong nih..
Dulu waktu baru setahun dia bisa nunjuk2 benda dan ngomong “Apa tu?”
Dalam hati dulu berpikir wah mungkin dia ngomong dulu nihhh..
Tapi abis berapa lama gitu udah, ga ngomong kata itu lagi.. sampe sempet berpikir, apa mungkin kebetulan aja ya?? tapi kok sering banget ngomongnya, dan selalu sambil nunjuk sesuatu..
Terus dulu juga suka ngomong “buah” “ ga ada” tapi yang ini kayanya ga sesuai konteks..

Baru terakhir umur 17 bulan dia konsisten ngomong “mimi” artinya minta susu..
Nah sejak liburan lebaran kemarin, dia udah bisa ngomong “popopo” artinya minta disetelein pororo -_-
Disini jadi berpikir, ini anak ngomong yang dia perlu/suka aja kali ya hiks..

Eh tau2 dia bisa ngomong “papa”.. Papanya ge er deh..
nah aku pikir kan papa sama mama mirip.. Jadi tiap kali dia ngomong papa aku ajarin dia ngomong “mama”.. jadi kaya gini:
Faith:               Papa
Mama:             horeee.. sekarang ngomong mama.. ma..ma (ditekankan dan dilambat2in biar dia denger bedanya)
Faith:               Papa.. Pak Pak.. (ditekankan juga hehe)
Mama:             -_-

Setelah berusaha berkali2 dia tetep ga mau ngomong mama, ehhhh belakangan dia malah bisa ngomong “cicak”…
Emang udah dari sekitar setauann dia tertarik banget sama cicak.. suka ada di langit-langit rumah, dia tunjuk2.. Terus kalau kita tanya cicak mana? Dia bakalan tunjuk ke atas.. Dulu suka kita pake jurus ini kalo nyuapin dia susah, jadi kan dia nunjuk ke atas sambil ngedongak.. terus langsung deh, hap, kita masukin makanan hehehe..
Tapi diriku sakit ati.. kenapa ngomong cicak dulu ya?? kayanya mama sama cicak gampangan mama ya??

Terus sekarang dia bisa ngomong "nyam nyam nyam" ini termasuk ngomong gak ya?
Jadi dia suka main masak2an sekarang, terus abis masak dia suapin bonekanya sambil ngomong "nyam nyam nyam" hehehe.. so cute :) (anak sendiri, semua yang dia lakuin juga cute sih hehe)

Temenku pernah bilang kalau kita harus expose anak kecil dengan many languages, karena dia gampang bisa menyerap semua languages dan dia ga akan bingung.. Tapi aku ga berani, karena kita ngomong satu bahasa aja so far, si Faith belum banyak ngomong.. apalagi kalo banyak bahasa, katanya dulu ponakan temen ada yang gak mau ngomong, terus pas tanya ke dokter dibilang karena multi language itu.. jadi ponakannya kayak bingung gitu, jadi prefer gak ngomong...
Tapi anak temenku ini sih bisa banyak bahasa.. jd mungkin anak beda-beda ya?

Well, sebenernya pas mereka semua udah gede gak akan ada yang peduli sih mereka bisa ngomong umur berapa bisa jalan umur berapa.. yang penting udah bisa.. *menghibur diri*   

Terus kata temen2ku nanti kalo anaknya udah cerewet malah bingung dieminnya hehehe *menghibur diri lagi*

Ya sudah, kutunggu ya Faith.. kalo bisa umur 2 tahun udah bisa ngomong ya nak..

I love you J

Wednesday, 5 September 2012

Video: Siapa yang paling??


Di video ini Faith ngacung tiap kali ditanya "Siapa yang paling....." hehehe..
Pardon the video quality.. resized this to low size biar cepet nguploadnya :)

Monday, 3 September 2012

Tingkah Faith

Kemarin malam coba pake blogger for iPod, udah tulis panjang lebar tapi pas di save kok malah ilang???

Anyway, ini beberapa tingkah Faith yang suka bikin kita ketawa..

Situasi no 1: Mencoba toilet training
Oma: Faith, yuk pipis dulu ya.. pssshh pssssh (kata orang kalau denger suara pipis anak jd pengen pipis)
Faith: pssshh psssshhh (niruin suara pipisnya tapi gak pipis2 -_-)

Situasi no 2: Bobo malem
Papa: Faith bobo yuk, mama papa mau bobo ahh... Grook...grook (ceritanya suara ngorok)
Faith: grook... grook... (niruin suara ngoroknya -_-)

Faith lagi suka niru nih, jadi mesti ati2 hehe.. tapi herannya kalo yang bandel2 gini cepet dia nirunya, tapi kalo kayak sikat gigi, kok susah ya hehe.. Tapi kalau diperhatiin, kadang kita ajarin dia sesuatu dia appear not interested.. tapi nanti tiba-tiba dia bisa sendiri.. (ini terjadi saat ajarin masukin ring stacker, minum pake sedotan..)

Situasi no 3: Conversation
Papa: Faith sayang mama?
Faith: *ngangguk ngangguk*
Papa and Mama: Horee!!

Papa: Faith sayang papa?
Faith: *ngangguk ngangguk*
Papa and Mama: Horeee!!

Papa: Faith sayang oma?
Faith: *ngangguk ngangguk*
Papa and Mama: Wah pinter ya dia udah ngerti :)

Papa: Faith sayang anak tetangga?
Faith: *ngangguk ngangguk*
Papa and Mama: -_-

Trus sekarang Faith lagi suka
  1. Ajak kita dance -> Jadi dia minta disetelin musik.. (nunjuk2 CD player), terus abis gitu dia tuntun tangan kita suruh kita bangun dan dance sama dia.. :)
  2. Main kuda-kudaan -> Pertamanya boneka beruang yang dijadiin kuda.. tapi sekarang kok sukanya mama-nya yang dijadiin kuda.. terus dia suka mencoba berdiri diatas badan mama abis gitu jatuhin dirinya dalam posisi duduk (ngerti ga ya? hehe), tapi entah kenapa dia ga tertarik kalau papanya yang offer himself jadi kudanya... apa mama mirip kuda ya Faith??? -_-
Weekend kemarin kita ke Grand Indo (lagi!!) dalam rangka menghabiskan kartu Fun World IDR200k yang Toma beli (cerita di posting yang ini).. tp Faith malah lebih tertarik lari-larian aja yang gratisss hehehe...

Terus minggunya ketemuan sama Leo and Brian.. for some reason Faith takut sama Brian hehe.. dia kept holding my hand terus mukanya nunduk ga mau liat, sampe akhirnya dia ketiduran.. Kenapa ya? apa mungkin karena si Brian duduk disebelahnya ya, atau dia ngantuk belom nap.. hiks..

Abis gitu kita mau ke ultah Hope, tapi dijalan Faith muntah (tapi pas sampe rumah malah seger anaknya??).. jadi batal deh kesana... padahal pengen ajak Faith socialize sambil menghias donut.. anyway mungkin lain kali ya..

Lagi minum susu minta bubble tea-ku, tapi masih ga rela lepasin dot-nya jadi kayak gini deh
(edited using Halftone application)

Btw, just downloaded Camera 360 in iPod.. (ada buat android juga)
It's a really cool photo editor.. banyak banget effectnya and it's free :) Instagram mah lewat.. tapi mungkin dia belom beken ya..

father daughter minum-minum hehe
(bisa dibuat kayak sketch pake Camera 360)

Naik unta di Fun World, kata Toma gak enak kayak dilempar2
(edited using Camera 360 - rainbow color)

mejeng didepan WC deket Fun World.. WC nya keren, child friendly banget :)
(edited using Camera 360 - retro)