Tuesday 30 April 2013

Trial sekolah #4

Jadi sebelum trial2 sekolah untuk Faith dimulai.. aku udah kepengen cari sekolah yang deket rumah, kalo bisa ada lanjutannya (bagus2 sampe SMA hehe), beragama Kristen, tuition-nya juga ga sampe bikin deg2an bayarnya.. nah tapi pas research2 dan tanya2 kok gak ada ya yang seperti itu deket rumahku.

Sebenernya sekolah #1 itu ada affiliate schoolnya untuk SD dst, satu yayasan tapi beda sekolah.. tapi kemarin pas trial disitu kurang sreg.. padahal kalo dari tempat paling bersih dan bagus menurut aku.. dan sekolahnya juga udah lumayan lama. Tapi katanya akhir2 ini mungkin karena terlalu rame atau guru2nya kurang, katanya kualitasnya menurun.. dan kemarin juga pas disana main teacher dan mandarin teachernya gak masuk, jadi susah juga untuk menilai.. ditambah disini tuitionnya paling mahal dan cuma dikasih 1x trial..

Nah terus kan ada sekolah #2.. disini keliatan lebih rapi gitu.. terus ada 3 guru satu kelas.., main teachernya expat dari Phillipine..  ga bisa ngomong Indonesia.. tapi kok si Faith keliatan bosen ya.. dan pagi amat dan juga mahal sih.. padahal dari jarak paling enak, tinggal jalan kaki..

Terus atas rekomendasi oma Faith, kita coba sekolah #3. Sebenernya aku udah suka sama sekolah# 3 ini dari materinya.., alat peraga dan arts and craftsnya, karena cuma 2 jam si Faith kayanya lebih gak bosen.. tapi aku gak sukanya tempatnya di pinggir jalan besar, di ruko dan kotor.. udah gitu katanya gurunya suka ganti2..

Eh disekolah #3 si Toma ketemu temen kuliahnya yang cerita soal sekolah #4 jadi kita pergi kesana.. dan kemarin udah trial 2x..

Nah yang di sekolah #4 ini sekolahnya tiap hari.. sebenernya diperuntukan untuk anak umur 3 tahun.. tapi ada anak yang masuk as early as 2 tahun 3 bulan. Jadi jenjangnya cuman 3, preschool, TKA, TKB.
Ada pelajaran berenang sama Mandarin.

So far sekolah ini masuk kriteriaku: deket rumah, ada sampe SMA, sekolah Kristen jadi ada short bible study, dan tuitionnya masih pas lah.. dan enaknya ga bayar uang pangkal, jadi bayarnya uang tahunan..

Pelajarannya kira2 seperti ini (jam 8-11, kalau mau makan siang bareng sampe 11.20):
1. dimulai dengan assembly/main2 bareng anak TKA dan TKB..
2. terus breakfast bersama -> enak nih jadi ga usah bangun pagi2 karena makannya di sekolah
3. diajarin alphabet atau numbers..
4. nyanyi2 dan joget2...
5. mewarnai/arts/bible study
6. mandarin/PE/renang
7. snack
8. istirahat main
9. phonics -> kemarin diajarin sama kepala sekolahnya langsung lho..
10. lunch bareng

Kira2 begitu deh..
oh ya kemarin bahasanya masih campur english indo..

Sekolah ini mengadopsi kurikulum Beka dari US sono..
Temenku anaknya sekolah dengan kurikulum yang sama tapi tuition feenya jauhhhhh lebih besar..
Ga tau apa sekolah yang ini belum komersil atau gimana ya.. muridnya juga cuman sedikit, satu TK kayanya cuman paling 25 orang.

Yang bikin ga sreg sebenernya cuman 2:
1. waktu sekolahnya seminggu 5x -> kebanyakan ga ya?
2. terus materinya terlalu serius ga ya? di sana udah ada semacam buku gitu.. tapi bukunya dipecah seperti kertas2 gitu.. isinya sih cuman buat mewarnai, atau belajar alphabet gitu.. instead of tracing disana disuruh mewarnai. Sebenernya kan katanya anak2 preschool itu ga perlu diajarin baca tulis hitung dulu.. tapi susahnya SD di Indo mengharuskan anaknya udah bisa calistung

Oh ya disitu gurunya hanya 1.. dan ada asisten guru untuk 3 kelas.. kemarin muridnya ada 5 orang..
Asistennya cuman bantuin saat makan bareng aja.. most of the time ya gurunya itu aja, paling kalo ada guru Mandarin atau guru phonics baru 2 guru.

Yang bikin aku terkesan (selain yang sesuai kriteriaku diatas), itu gurunya keliatan banget kalau deket sama anak2 dan anak2nya juga keliatan suka sama gurunya.. si Faith aja udah bisa nyamperin minta dipangku.. di sekolah2 lain gak seperti itu sih kalau aku liat, atau mungkin juga karena anak2nya udah masuk sejak July taun lalu jadinya udah deket sama gurunya ya? kalo di sekolah no 1-3 kan bisa masuk tengah2 term.

Terus aku juga suka karena gedungnya gedung sekolah beneran.. bukan rumahan atau ruko.., tempat parkir luas dan gratis hehe...dan gak di jalan besar..

Terus kemarin ketemu sama dr anak di RSPI hehe.. ternyata anaknya sekolah situ juga... !

Hmm apalagi ya.. kemarin sih dari 5 orang anak itu, yang pinter cuman 2 orang.. anaknya si dr dan satu lagi yang paling tua (sekarang udah 4 taun).. tapi kata gurunya semuanya bakal naik kelas.. kasian juga mungkin ya kalo playgroup gak naik kelas? hehehe

Sepertinya pengen sekolahin Faith di sekolah #4 aja.
Moga2 gak salah langkah deh.. :)
Menurut kalian gimana ya?

8 comments:

  1. Pantes aja anak2 sekarang pinter-pinter yah, dari umur 2 tahun lebih udah belajar. Hebat pokoknya. Sepertinya sih sekolah No.4 emang bagus yah. Kalau sekolah 5 hari mungkin tergantung Faith nya betah apa enggak, tapi kalau sampai gurunya bisa deket dan ngambil hati anak2 harusnya sih ga masalah yah.. *ini Py ngomong kek ahli ajah* hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Py.. sebenernya aku ga terlalu pengen Faith belajar sih.. aku cuman pengen dia ada kegiatan dan belajar sosialisasi aja.. sukur2 kalo ada yang nempel juga hehe.. makanya masih agak bimbang mau yang 5 hari apa 3 hari aja..

      Delete
  2. Di ujung jalanmu kan ada sekolah Kristen yang sampe SMA itu Bon, udah di-trial kah? Aku dulu pas SMA sekolah di yayasan itu juga, cuma yang di Gading. Pas SMA sih happy banget sekolah di situ. Tapi ya kan beda ya anak SMA sama anak playgroup hihihi...

    Mungkin dicoba dulu aja kali ya Bon sekolah 5 hari itu. Kalo misalnya udah dicoba terus Faith-nya merasa keberatan, ya mungkin dia belum siap sekolah setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku udah kesana ngel, katanya disana minimal 3 tahun baru bisa daftar.. terus kalo mau trial harus beli formulir dulu sekitar 250 ribu hehe jd ga free sih.. kalo dilihat dari biayanya dia sekolah nasional tp mahal juga.. hehe

      Delete
  3. Huaaaah.. serius masuk SD udah harus bisa baca hitung segala?? OMG.. X_X
    Semoga sekolahnya nanti cocok sama Faith yaaa.. Maap ga bisa ngasih masukan.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya be, ga tau kenapa orang indo ambi2 ya.. malahan ada yang memberlakukan test masuk sd.. trus anak TK juga ada yang les pelajaran lho.. les baca tulis gitu, males ga sih..

      Delete
  4. Bon kok ngga ada fotonya... *mengharap*
    Kayaknya ok ya yg ini, tapi waktunya lama juga ya? Tapi kalo Faith nya happy sih gpp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mayo.. kalo yang ada fotonya itu yang foto suamiku hehe.. karena aku sibuk nemenin trial.. :)
      waktunya keliatannya lama tapi kepotong sama makan pagi, snack dan makan siang sih.. sama ada istirahat main2

      Delete