Friday 1 March 2013

Trial sekolah #1

Akhir2 ini aku udah mulai berpikir mau menyekolahkan Faith dengan pertimbangan supaya dia ada kegiatan pas nanti ddnya lahir.. dan tentunya supaya dia belajar bersosialisasi, mandiri dan menyalurkan energinya lah...Jadi pikirnya mau mulai disekolahin bulan July nanti, pas dia 2.5 tahun.. atau secepatnya?
Pengennya di sekolah yang deket rumah, jadi dia gak capek kena macet dan nganterinnya juga gampang..

Open House
Jadi kemarin Sabtu kita pergi ke open house salah satu preschool deket rumah.
Guru2nya ramah2.. dan aku senengnya gak ada yang nanya berkali2 pas aku sebutin namanya Faith.. :)
Biasanya orang suka bingung namanya aneh banget.. tapi kemarin guru2nya langsung tau kok, mungkin karena sekolahnya berbahasa Inggris ya.

Faith seneng banget disitu karena buanyak banget mainan.. malahan pas terakhir2 sempet ditinggal, dia juga ga notice karena saking asik main..
Akhirnya setelah tanya tanya ini itu.. diajaklah kita untuk mencoba free trial-nya.

Untuk umur 2-2.5 tahun Faith masuk ke kelas pre-nursery 1 dengan waktu 8.45-10.45 (2 jam)
nanti kalau 2.5-3 tahun masuk ke kelas pre-nursery 2 dengan waktu 8.45-11.15 (2.5 jam)
terus 3-4 tahun kelas nursery dengan waktu 8.45-11.45 (3 jam), dst
kok kayanya lama belajar disamakan dengan umur hihihi
mulai umur 2 tahun udah gak boleh ditungguin, hanya boleh pas 2 minggu pertama sekolah aja
terus anak boleh pindah kelas saat ulang tahun

Trial
Jadi Seninnya kita free trial..
Dari hari Minggunya aku udah mikirin.. nanti Faith bisa bangun gak ya, nanti dia makannya lama gak ya.. terus nanti disana dia enjoy gak ya, dll dll.. (dasar emak parno)..
Pas hari Minggunya juga dia tidur agak malam, karena memang tiap Minggu kita ajak dia kerumah mertua yang agak jauh, dan biasanya kita pulang agak malam., tapi biasanya Faith bobo di mobil.. entah kenapa kemaren dia excited dan gak bobo2 sampe rumah..

Di hari Senin Faith agak susah dibangunin..hehe tapi pas aku bilang mau sekolah, dia sepertinya masih inget mainan2 pas Sabtu kemarin.. jadi langsung senyum2 dan mau diajak mandi.
Kita datang jam 8.15, tergolong early karena kelas mulai 8.45 tapi emang dianjurkan guru2nya begitu, biar anaknya adaptasi dan main2 dulu..
Oh ya pas dateng Faith disuruh buka sepatu..., mungkin biar mencegah kuman ya? karena ruangan ber AC.
Tapi aku liat gak semuanya buka sepatu, denger2 sih karena lagi mau ada sesi foto yearbook.

Nyanyi2
Jam 8.45 anak2 dari playgroup sampe pre nursery 2 (1th - 3th) diajak ngumpul bareng, duduk dikarpet..
Salah satu miss-nya (dipanggil eyang) duduk di panggung depan dan ngajak nyanyi2..
Faith masih sibuk di rumah2an..
Aku gak maksa dia ikutan sih, karena takut dia malah bete and ruined the day.., gurunya juga cuek aja sih
Tapi at the end, dia sempet ikut2an naik ke panggung lho.. hehehe

Tempat nyanyi2 di karpet biru, yang diluar jendela itu tempat main2 pasir dan air

ini karpet biru yang sama, ruangan kelasnya yang dibalik jendela kaca itu

Masuk kelas
Setelah nyanyi2 sekitar 15 menit, anak2 dibagi kelas..
Nah kemarin itu kelas Faith, pre nursery 1 (2-2.5 tahun), gurunya gak masuk.. jadi cuman ada assistant teachernya.. dan anaknya juga cuman 3 orang termasuk Faith.
Karena itu kelas Faith digabung sama anak pre nursery 2 (2.5 - 3 tahun).
Faith masih sibuk main diluar..
Terus ada sus yang pegawai sekolah itu dateng gandeng Faith masuk kelas, dan anehnya Faith nurut lho!
Aku gak ikut masuk kelas, dan dia juga ga nangis..
Aku cuman ngintip dari kaca dan keliatan Faith lagi dipangku salah satu miss-nya..
Miss yang lain duduk didepan sambil gambar2 di papan tulis dan kadang nyanyi2..

Main diluar
Sekitar 1/2 jam anak2 keluar dari kelas dan diajak untuk main diluar.
Nah disini Faith lihat aku dan dia langsung nyamperin, matanya berkaca2.., minta digendong..
Kasian, mungkin dari tadi dia udah nahan mau nangis ya..
Dia bingung kali everything is so new.. terus dia bingung juga kok gak ada familiar faces..
Tapi gak lama kok, nangisnya juga cuman berkaca2 gitu.. terus aku ajak main di luar.
Di luar ada main2 air dan main pasir..
Faith milih main pasir..

main pasir
Aku lupa sih berapa lama mereka main diluar itu.. mungkin sekitar 15 menit ya, abis gitu cuci tangan dan kaki terus diajak masuk.
Si Faith udah protes karena masih pengen main air.. tapi untungnya dia ngerti pas aku bilang waktunya udah abis.. nanti mainnya ya..
Nah pas masuk aku sempet bingung kok anak2 yang sekelas Faith udah gak ada..
Oalah ternyata mereka lagi digantiin baju dikelas sama miss-nya..
Aku bilang ke miss-nya baju Faith masih bersih gak usah ganti baju deh..

Makan bersama
Habis itu anak2 diajak makan bersama.
Menu hari itu nasi kuning, telur dadar suwir, krupuk udang dan semangka..
Faith cuman makanin krupuk udang dan semangkanya dong..
Yang lain juga.., well ada satu anak sih yang makan nasi-nya beberapa sendok..
Perutku udah mulai krucuk2 pengen aku abisin tuh makanan Faith, tapi malu sama miss-nya hihihi..

Terus kasian si Faith, jadi suster salah satu anak disitu lagi foto2in anak itu, tapi Faith kira dia yang difoto, jadi dia udah siapin jari telunjuk di pipi (her signature photo style hehe)
Nah pas anak2 baru sibuk makan, mungkin baru sekitar 15 menit, udah dateng kelas lain mau gantian makan disitu..
Miss-nya sih bilang ke aku, kalo Faith masih mau makan, gak apa2 diterusin aja..
Tapi Faith ga keliatan laper.. karena cuman comotin kerupuknya.. jadi aku udahin aja makannya..

makan bersama
Main sebentar
Abis gitu anak2 diajak main sebentar di ruang assembly yang tempat nyanyi2 tadi..
Faith masih asik pengen main mobil2an..
Eh pas dia baru dapet giliran udah diajak masuk kelas lagi..
Aku gak maksa dia masuk sih, dan lagi2 dia nurut digandeng sama sus yang tadi ke kelas, aku ga ikut.

Library
Harusnya abis makan ada kelas Mandarin.. tapi miss-nya menerangkan kalo guru Mandarinnya berhalangan hadir jadi ditiadakan.. (kenapa ya guru2 pada ga masuk, mungkin karena Senin ya?)
Anak2 diajak masuk ke library, pilih buku lalu dibacain buku sama miss-nya..
Nah disini entah kenapa si Faith nangis.. (aku ngintip dari luar kelas)..
Aku masuk ke kelas.. terus pas dia udah diem, anak2 lain keluar kelas, katanya mau foto yearbook..
Nah si Faith tau2 nangis lagi.. kayak bilang "kok aku ditinggal sih.."
Disini Faith nangis agak lumayan sih.. terus dia minta mimi..
Aku kasih mimi..
Terus miss-nya menerangkan anak2 mau difoto buat yearbook.. abis itu kita akan pulang.

Sing sayonara
Setelah sesi foto (dimana temen sekelas Faith agak cranky juga..), kita nyanyi sayonara, diluar kelas..
Jadi assistant teacher, 3 anak kecil, aku dan satu suster hehe..
Anak lain dipakein kaos kaki dan sepatu sama miss-nya..
Terus kita udahan deh..

Gak tau kenapa, aku lega banget pas udahan..
Besok paginya bangun2 pahaku pegel2.. mungkin karena terlalu banyak jongkok ya..

Kesanku
  1. Susah memberikan kesan akurat karena main teacher dan mandarin teacher gak masuk, kalau cuman kaya kemarin sih kurang lebih mirip2 Gymboree ya.. Oh ya di dinding2 juga banyak art and craft anak2, tapi kemarin gak ada, jadi susah juga mau mereview-nya.. padahal pengen tau juga seperti apa kegiatannya.. sayangnya cuman dikasih 1 free trial.
  2. Mainannya banyak (ini bisa + bisa -), negativenya Faith jadi lebih kepengen main hehe.., positivenya sih ya Faith tertarik untuk kesana..
  3. Kesannya terburu2.. jadi karena systemnya moving class, harus gantian sama kelas lain.. aku lihat sih Faith belum bisa mengikuti phasenya.. dia baru asik main udah disuruh masuk kelas, baru makan udah disuruh udahan..
  4. Kelas lumayan lah, bersih, warna warni, ada jendela untuk sinar matahari masuk, terus ada kesempatan main diluar juga.. Fasilitas ya boleh lah, ada ruang komputer jg untuk anak2 yang udah lebih gede, terus ada kaya theater gitu buat pentas anak2, ini gabung sama SDnya sih..
  5. Proporsi guru dan muridnya kayanya bisa 1:5 karena satu kelas max 14 orang, dan cuman ada 1 main teacher dan 1 assistant. Kalau yang sekelas Faith sih tadi cuman ada 3 orang ya termasuk Faith, karena katanya rame-nya di hari Selasa Kamis. Tapi yang kelas gedean agak terlalu rame ya. Terus sepertinya gurunya kurang bisa menguasai anak2nya.. keliatan kerepotan gitu..
Jadi mau coba trial ditempat lain dulu sih.. lagian kalo disini harus langsung bayar uang pangkal sampe dia lulus TK.. jadi harus bener2 sreg ya..
Moga-moga segera ketemu yang cocok.. walopun kalo liat fee-nya sih gak ada yang cocok hahahaha

6 comments:

  1. Aku yang baca juga ikutan berasa lega pas ceritanya kelas sudah selesai hahaha... kayaknya rush banget gitu.
    Itu jam berapa selesainya, Bonnita?
    Trus (seandainya jadi) anaknya gak boleh ditemenin sama pengasuhnya ya selama aktivitas kelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jam 10.45 selesainya, jadi 2 jam.. (aku dah nambahin waktunya di postingan)..
      kalo diatas 2 tahun udah gak boleh ditemenin, jd ditemenin 2 minggu pertama aja terus pelan2 ditinggalin..

      Delete
  2. iya mesti trial2 sampe nemu yang paling cocok ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih..tp kenapa dia yang trial kok aku yang cape ya hehehe

      Delete
  3. Kelasnya bagus ya, cuma kok pelajarannya padet amat ya utk kelas toddler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku aja ikutan capek ngikutinnya hehehe

      Delete