Friday 4 January 2013

Cerita kelahiran Faith

Sebenernya harusnya nerusin post trip to Singapore tapi baru sadar kalau selama ini belum pernah cerita soal kelahiran Faith ya.. -> gimana sih pdhal ceritanya mau rekap-in moment2 pentingnya Faith.. ini birth story kok gak pernah ditulis.. doeng.. *toyor diri sendiri*
duh masih inget gak yaa udah mau 2 taun?

Ok here goes..

Jadi Faith itu dulu EDD-nya seharusnya 31 January 2011.. jadi sebagai emak yang gak mau rugi, aku berencana untuk ambil cutinya dekat2 akhir January aja, jadi nanti lebih banyak waktu dirumah. Menurut pengalaman temenku juga, dia udah ambil cuti terus bengong2 dirumah karena anaknya belum lahir2.

Tapi entah kenapa bulan-bulan December-January itu banyak banget dikasih project (dulu masih kerja sebagai konsultan).. terus badan udah mulai capek.. bayangin aja hamil2 gini masih pulang jam 12 malem hihi.. , terus ditambah komen dari satpam cewek di kantor, katanya "ini ibu udah bulannya yaa.. udah turun banget perutnya... kok masih kerjaaa..."
Akhirnya memutuskan untuk mulai cuti tanggal 17 January 2011!! Mungkin udah firasat juga kali ya? karena Faith lahir tanggal 17 January 2011!

Sabtu, 15 January 2011
Bumil ndut yang susah jalan dan suaminya yang sama2 clueless masih sibuk ke Giant beli2 barang2 baby... lupa deh beli apa aja tapi masih banyak ternyata yang belum kebeli.. yang paling inget sih beli mattrass buat ditaroh di meja belajar (jadi baby tafel gitu hehe).. sama minyak telon, minyak kayu putih sama pampers..

Inget banget pas ngantri bayar udah gak kuat akhirnya numpang duduk di kursi pijet yang dipajang sama orang situ..

Minggu, 16 January 2011
Pagi-pagi pas mau mandi, ngeliat ada flek!
Deg-degan.. wah wah.. apakah udah mau lahiran??
Tapi belum terlalu sakit perut...
Akhirnya mutusin untuk pergi ke gereja dulu baru nanti kontrol ke RS pulang gereja.

Pulang gereja kita ke RSPI, ternyata kalau hari Minggu itu RS agak sepi ya.. aku pikir RS itu rame 24 jam hehehee..
Langsung ke bagian delivery room, terus di CTG (dicek denyut jantung baby sama kontraksi) dan dicek pembukaan -> ternyata sakit yaa dicek pembukaan itu !!
Katanya belum ada pembukaan, disuruh pulang lagi..

Akhirnya pulang lagi..
Malemnya udah berasa ada kontraksi2.. udah sempet ditimer-in juga.. tapi kadang konsisten kadang enggak...
Akhirnya mutusin untuk tidur aja..
Bokap udah parno aja, katanya nanti kalau mau lahiran gimana.. mending nginep di RS aja..
Nyokap bilang, orang RS sama rumah cuman 5 menit kok.. masih keburu lah..
Hihihi lucu itu opa oma lebih heboh nungguin cucu pertama..

Senin, 17 January 2011
Jam 5 pagi, kebangun denger suara "Bress..." dan celana dalam basah...
Langsung bangunin Toma dan ke kamar mandi cium2 celana (maaf jorse).. katanya kalau air ketuban gak bau pesing seperti pipis, karena dalam keadaaan hamil gede bisa aja bumil gak sengaja ngompol..
Rasanya gak bau deh.. jangan2 air ketuban udah pecah.. tapi gak sampe banjir besar sih..
Langsung cabut ke RS..
Sama nyokap disuruh minum susu sama makan telor rebus hehehe.. ktnya biar ada tenaga..

Sampe di RS disambut sama suster yang muka bantal gitu..
Mungkin dia kesel jg lagi enak2 tidur hihihi..
Disuruh duduk dan dicek pembukaan.. -> terus terang aku lupa udah pembukaan berapa.. kayanya masih 2
Tapi entah kenapa susternya gak percaya kalo air ketubanku pecah..
Jadi aku di CTG dan katanya kontraksinya belum konsisten.

Pas udah pagian susternya udah ganti shift.. dan sepertinya mereka belum percaya atau lupa ya kalao air ketubanku pecah.. jadi aku masih boleh jalan2..
Aku dikasih bubur ayam buat sarapan pagi .. rasanya enak deh.. ohya selama 3 hari 2 malem di RS, aku ngerasain makanan di RSPI itu enak2 lho.. gak kayak makanan RS.. terus bisa milih mau makanan Indonesia atau western hehehe

Jadi aku sempet jalan2 sekitar RS.. katanya biar banyak pembukaannya..
Terus Toma mulai disuruh booking kamar.. dan aku minta sekalian urusin asuransi karena pake asuransi kantorku diganti 70% nanti sisanya bayar sendiri terus reimburse kantor Toma.. hehe
Bener-bener blessing, selama kontrol hamil, melahirkan sampai sekarang kita gak pernah keluar uang.. semua diganti kantor.. senang deh.. :)

Eh kok jadi ngelantur ya...

Gak lama nyokap dateng.. gantian Toma pulang mandi2 (karena pagi tadi belum mandi hihihi).. terus bawa2 barang2 buat nginep.. itu lho tas lahiran itu.. kita belum siapin karena nganggep enteng RS deket sama rumah hehehe..

Nyokap suruh aku minum susu colostrum, katanya bagus buat nambah tenaga..
Nyokap bilang pasti lahir hari ini nih...

Nah pas siangnya jam 12.30an gitu akhirnya dokter Aswin datang..
Dia cek pembukaan.. terus dia bilang masih bukaan 3.. dan dari hasil CTG bukaannya gak progressing..
Terus dr Aswin juga confirm kalau memang air ketuban sudah pecah.. tapi mungkin karena terhalang kepala Faith jadinya gak sampe banjir.. jadi dia bilang aku gak boleh kemana-mana lagi harus bed rest.. dan karena pembukaannya gak bertambah jadi dia bilang "diinduksi aja ya Bu.. maaf ya, mungkin agak sakit... tapi gak boleh lama2 karena sudah merembes air ketubannya.. "
Wah ini dr bae banget ya, pake minta maaf hihihi.. padahal ya semua orang tau kalau namanya lahiran pasti sakit lah...
Aku nurut aja..

Jadi susternya langsung test alergi jadi disuntik dibawah kulit gitu terus ditunggu beberapa saat kalau gak muncul tanda2 alergi baru dimasukin cairan induksinya lewat infus..

Aku inget pas dimasukin cairan induksi itu sekitar jam 2 siang..
Abis dimasukin cairan induksi, aku langsung bilang sama susternya, "wah sus, langsung berasa kontraksinya."
Sus-nya cuman mesem2 terus bilang, "sugesti aja mungkin bu.."
Duh kok dari tadi gak dipercaya melulu yaaa... apa karena tampang masih culun ya..
Tapi anyway aku gak complain sih sama pelayanan suster di RSPI, semua baik2 dan ramah2..

Gak lama Toma dateng.. ah senangnya aku liat suamiku..
Nah langsung deh tuh mulesssss... sampe gak bisa ngomong...
Sempet ngebel susternya, bilang mau pipis... terus dibantuin ke toilet..
Terus gak lama mulesss banget.. kayak mau pup..
Ngebel susternya lagi, bilang sus aku mau pup...
Nah saat itu susternya dateng dan bilang, cek pembukaan dulu ya bu..
Pas dicek ternyata udah pembukaan 8! wah cepet juga ya, ternyata manjur banget si induksi itu..
Langsung sama susternya dibilang suruh tiduran aja, gak usah pup..
Terus gak lama dia cek lagi, katanya udah pembukaan 9 dan udah saatnya masuk ke ruang bersalin.

Wah agak deg2an juga.. kalo gak salah saat itu jam 1/2 5 sore jadi sekitar 2.5 jam setelah diinduksi.
Langsung aku diprep.. dibawa ke ruang bersalin..
Katanya dokter Aswin lagi dalam perjalanan..

Disitu aku ngerasa mules banget.. cuman diem aja dan berasa kedinginan banget.. dan pengen muntah..
Untung kita bawa kaos kaki, jadi aku minta tolong Toma pasangin kaos kaki sambil dia pijit2 kakiku...
(btw kaos kakinya ternyata yang dibawa bolong lagi hihihi.. bikin malu aja)..
Mules bangetttt.. pernah ga sih berasa mules tapi gak boleh ngeden? kan ga enak banget
Kata susternya jangan ngeden sebelum bukaan lengkap nanti salurannya bisa bengkak.. hiks..

Terus pas lagi nunggu dr, aku berasa ada something yang moving di perut, kaya bunyi gruduk2 gitu.. kayaknya Faith udah mau dorong keluar gitu... si Toma juga bilang dia liat perutku itu goyang2 ...
mungkin dia udah gak sabar ya?

Gak lama dr Aswin dateng..
Bersama dua bidan cewek..
Kakiku dinaikin ke stand gitu deh..
Terus aku minta Toma buat ga usah liat2 bagian bawah hehe takut dia trauma.. hehe
Dicek katanya aku udah pembukaan lengkap..
Disuruh mulai ngeden saat ada kontraksi..
Jadi aku mulai ngeden.. dan mereka semua cheering me.. (nyokap ikut disitu tapi dibalik curtain jadi gak liat)..
Mungkin karena aku jarang ngeden kalo pup jadi gak tau gimana harus ngeden yang maksimal hehehe

Jadi bbrp kali ngeden tuh.. dan Toma ngintip2 dibawah sana! hehe penasaran dia..
Dan lucunya kan ngedennya cuman boleh saat kontraksi..
Nah pas menunggu kontraksi itu si dr dan bidan ngobrol2..
"dr ini asli mana ya..."
"asli Jawa dong..."
and so on and so forth.. hihihi..

Akhirnya setelah ngeden sekitar 4 kali putaran (agak lupa juga berapa kali), dr Aswin bilang.." tuh udah keliatan kepalanya.. ayo Bu dikit lagi..." bidan juga pada memberi semangat... dan jam 16.50 Faith lahir kedunia!! berasa agak perih pas Faith keluar.. tapi gak sebanding deh sama mules2nya..

Toma disuruh potong ari2 nya..
Dr Aswin sempet becanda... "disini Pak, jangan kepotong tangan saya nanti hehe"
Terus Faith langsung ditaro didadaku..buat IMD..
Masih agak bau amis2.. but she was so perfect.. her eyes were wide opened..
Nyokap langsung masuk... katanya dia udah sms ade2nya kalo cucunya udah lahir hehehe..
And we're so happy.. while dr Aswin menjait di bagian bawah sana.. btw bagian jait menjait gak sakit sama sekali (mgkn karena dikasih obat baal jg sih)..

And that's how she arrived in this world.
Perfect timing, karena jam 17.00 adalah jam praktek dr Aswin setiap Senin :)
Gak ngerepotin orang tuanya, gak ngerepotin drnya..

Buat foto2 dan video liat di post ini yaa..

IMD tidak berhasil, mungkin karena dia kurang deket ke puting ya.. baru berpikir baby itu kan belum bisa gerak ya, harusnya kita deketin ya?
Anyway berapa kali Faith agak melorot gitu hahaha.. jadi dibetul2in posisinya..

Terus setelah sekitar 2 jam, susnya dateng lagi ambil Faith, digantiin baju.. terus dimasukin ke dalam inkubator.. katanya diangetin.. (mungkin karena Faith kecil banget cuma 2.3kg)...
Gak lama Faith pup... her first pup yang warna item itu..
Kata nyokap, "untung gak pup pas lagi didada kamu ya.. hehehe"

Terus Faith dibawa ke ruang bayi untuk diobservasi dan aku dibawa ke kamar.
Oh ya pas sampai kamar aku ditanyain sama susternya, "mau pipis ga Bu?"
Aku pikir mumpung ada susternya jadi aku mau..
Terus pas abis pipis, semprotan airnya itu kenceng banget..., aku ga test dulu, bisa bayangin gak sih kena daerah yang baru aja dijait?? hiks..

Anyway tp semuanya worked well.. aku juga udah langsung bisa jalan..
What an exciting day that day!

8 comments:

  1. Emang birth story itu selalu mengagumkan ya, beda-beda tapi masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul.. aku paling seneng kalo lagi nengokin temen lahiran nanyain birth storynya.. walopun setelah dipikir2 mungkin dia cape juga ya cerita mulu.. hehehe secara semua orang pasti nanya ya

      Delete
  2. wow faith kecil banget ya lahirnya 2.3 kg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untungnya sehat2.. :) sempet pas sebelum lahiran disuruh minum glucolyn sama dokternya (kayak semacam gula yang sehat gitu) biar tambah gede babynya..

      Delete
  3. Waks...kesemprot jet shower? Haduuuh... ga kebayang sakitnya. Aku inget dl pas kena pipis aja udah perih banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh.. tp untungnya sepertinya obat pain killer masih bekerja hehehe..

      Delete
  4. aku kapan yaaaaa.......... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sabar ya.. semua indah pada waktunya :)

      Delete