Tuesday 15 January 2013

Mitos-mitos perawatan bayi/pasca melahirkan

Akhir2 ini jadi sering flash back ke masa Faith baru lahir dulu..
Mengingat2 apa yang dulu dilakukan dan mau diteruskan dan apa yang gak dilakukan mau dilakukan dll..
Lalu teringat akan mitos2 perawatan bayi.
Terus terang aku gak gitu tau ada mitos apa aja.. soalnya nyokap juga gak cerewet soal mitos2, dia lebih percaya dokter sepertinya dan mertua juga gak tinggal bareng..
Tapi kok sepertinya ada hal2 yang ada benernya juga ya? walopun tujuannya berbeda..

1. Pemakaian gurita pada bayi
Dulu aku gak memakaikan gurita ke Faith.. beli aja enggak..
Karena aku baca kalau bayi masih bernapas lewat perut sebelum ia belajar pernapasan dada, jadi kalau diiket pake gurita bisa mengganggu pernapasannya..

Mitos yang salah adalah yang bilang kalau gurita bisa mencegah perut buncit. Ketika dilahirkan, semua bayi memang memiliki perut yang ukurannya lebih besar daripada dada. Seiring pertambahan usia, perut bayi akan kelihatan mengecil dengan sendirinya. Tapii.. kalo diliat2 perut Faith emang agak ndut sih hihi.. apalagi kalo belom poop.. tapi kalo pagi2 sih langsing.. moga2 gak ada hub-nya sama pemakaian gurita ya..

Tapi aku juga dengar dari temanku kalau pemakaian gurita itu sebenernya juga untuk mencegah masuk angin. Nah aku jadi berpikir, karena bulan pertama Faith lahir kalau malam itu dia sering menangis.. terus dia juga bangun2 terus, kalau tidur harus dipeluk... apa karena masuk angin ya?

Kesimpulan: akan memakaikan gurita rekat to baby no 2, gak kenceng2, tapi biar anget aja.

2. Pusar ditempeli koin agar tidak bodong
Yang ini gak percaya ah.. soalnya Faith gak ditempeli koin dan pusernya gak bodong kok..

Pernah baca2 sih katanya emang pusar pada bayi tampak lebih menonjol karena faktor otot dinding perut anak kecil yang memang masih lemah.

Kesimpulan: akan meneruskan tidak menempeli koin pada pusar baby no 2

3. Pemakaian bedong
Waktu visit perdana Faith ke dsa (diumur 5 hari), kita nanya ke drnya, apakah baby perlu di bedong. Dan dia bilang gak usah, buat apa bedong2an..

Jadi Faith itu kalo ga salah cuman dibedong sekitar 3 minggu-1 bulanan.. abis gitu gak dibedong lagi. Mamaku juga suka ngomong kasian kalo dibedong ga bisa gerak nanti gak bertumbuh..

Tapiiii.. balik lagi pas bulan2 pertama Faith itu tidurnya gak tenang.. harus tidur di dadaku atau aku peluk.. kalo ditaroh nangis.. aku jadi berpikir mungkin karena gak dibedong ya?

Sepertinya dibedong itu gak apa2 karena baby kan biasa seperti dibedong saat di rahim, jadi saat baru lahir dia kaget.. oleh karena itu baiknya dibedong biar dia seperti merasa dipeluk.. dan logically bisa tidur lebih tenang. Mungkin yang salah adalah kalau dibedong dengan tujuan supaya kaki lurus. Karena bayi lahir pasti kakinya agak bengkok karena terbiasa di rahim seperti itu. Nanti lama2 juga lurus..

Kesimpulan: akan memakaikan bedong sampai umur 3 bulanan tapi tidak perlu kencang2..

4. Botakin rambut baby supaya rambutnya lebat
Nah yang ini aku gak lakukan saat Faith baby.. dan memang rambut Faith tipis hikss.. (kayanya aku disalahin semua orang deh)..
Tapi aku masih percaya kalau rambut tipis/lebat itu tergantung gen-nya.. soalnya dulu aku dan Toma rambutnya waktu kecil sama kayak Faith tipis dan coklat2 gitu.. gedenya lumayan kan? kan? kan?
Lagian anak temenku dari lahir gak pernah dibotakin rambutnya tuebeeelllll banget...

Kalau kata temenku, sebenernya botakin rambut baby itu bukan bikin tebel, tapi bikin helaiannya lebih kasar, jadi terkesan tebel begitu..

Kesimpulan: demi menjawab rasa penasaran orang.. akan botakin rambut baby no 2.. kalau lebat bersyukur, kalo sama aja berarti bisa tersenyum puass.. (loh ini kok kynya lebih berharap gak lebat ya)

5. Gunting bulu mata baby supaya lentik
Nah yang ini aku gak tau bener apa gak.. soalnya temenku bilang dia udah gunting bulu mata anaknya dan tetep aja lurus.. tapi ada yang digunting dan emang lentik..
Tapi berhubung aku gak beraniiiiii.. jadi kayanya gak mau gunting ah.. mana kata temenku dia guntingin bulu mata anaknya eh, jadi infeksi.. karena ktnya guntingnya kurang sterill...

Kesimpulan: tetep gak mau gunting bulu mata ah..

6. Pemakaian minyak telon/bedak dll..
Nah waktu senam hamil di RSPI, dsa nya kasih sedikit tips2 mengenai perawatan bayi.. salah satunya gak usah dipakaikan minyak2 atau apapun.. karena kulit baby masih sensitif dan kalau lagi sehat dipakaikan minyak itu terus nanti kulitnya jadi udah kebal, pas giliran sakit dipakein jadi gak ngefek..

Ok deh, jadi gak pakein...
Tapi mbak-nya Faith yang minta.. katanya ini kulitnya merah2.. kayak biang keringet, kasian.. mesti pake bedak..
Terus minyak telon.. yah seperti yang aku bilang bulan pertama Faith needy banget mgkn karena gak nyaman ya??? dan lagi masa bayi gak bau minyak telon hehehe kayanya bukan bayi..

Kesimpulan: akan pakein

7. Jangan keramas dulu sehabis lahiran
Kalau menurut adat chinese katanya harus 30 hari... ah mana tahan ya?
Aku keramas dong di hari terakhir di rumah sakit... demi mau difoto sama Faith yang fotonya bakal dipajang di RSPI hihihi..
Ternyata keputusan yang salah!!
Malemnya langsung masuk angin dong...
Setelah dipikir2 mungkin juga karena di RS gak ada hair dryer.. jadi abis lahiran, keramas, gak dikeringin, di ruang ber AC.. yah kombo deh..

Kesimpulan: gak akan langsung keramas pas abis lahiran.. at least seminggu deh.. kalo keramas juga mesti dikeringin pake hair dryer.. (ada yang bilang keramasnya pake air arak/jahe?)

8. Perawatan sehabis lahiran
Ini perlu bangett!!
Aku dulu ambil paket 15x di Dian Mustika, therapistnya dateng dirumah..
Enak banget.. dipijit seluruh badan, diuap2in.., ah menyenangkan.. dibebet yang kenceng bangettt (yang ini kurang menyenangkan sih, tapi kata teman2 sih perutku kelihatan cepet baliknya)..
Terus therapistnya juga sangat pengertian, kalao lagi pijit Faith minta minum, dia berhenti dulu terus malah dia juga kasih tips2 merawat baby (dia yang kasih tahu aku kalo baby harus disendawakan tiap abis minum.. pantes aja dulu Faith sering gumoh), gimana supaya ASI lancar, dll

Terus belum ditambah jamu2an dan ayam arak.. -> yang ini kemarin dibeliin mertua..

Pake sendal dirumah karena kaki cepet dingin kena lantai sehabis lahiran..

Apalagi ya?

9 comments:

  1. 1. gurita. gak ada hubungannya ama perut buncit. kalo anaknya kurus ya gak akan buncit, dan begitu sebaliknya. :D andrew gak pake gurita, dan sekarang dia kurus banget, ya jelas gak buncit. hahaha.

    2. puser ditempel koin. iya gak ngaruh juga. kita juga gak pake koin, dan dua anak gak bodong.

    3. bedong sih buat anak berasa kayak dipeluk aja ya. tapi biasanya (pengalaman ama andrew dan emma), setelah umur 3 mingguan, apalagi sebulan, udah gak gitu bisa dibedong. pasti lepas. anaknya udah bisa gerak2nya lebih kuat soalnya....

    bayi 3 bulan pertama tidur gak tenang itu wajar. kan masih rawan kolik.

    4. setuju. ini masalah gen. si andrew dibotakin 3 kali, tetep aja rambutnya tipis. :P jadi si emma kita gak botakin. yah emang turunannya tipis mau dibotakin kayak apa ya gak bakal bisa tiba2 tebel lah. hahaha.

    5. sama ama rambut. ini mah masalah turunan aja kali ya. misalnya kayak orang india, gak usah digunting pasti lentik bulu matanya. :P gua sih gak pernah kepikir mau gunting bulu mata anak. serem ah...

    6. yup... itu lebih pada buat kesenengan ortunya aja. bayi bau minyak telon kan enak... hahahaha.

    7. make sense sih walaupun ya tiap orang kan daya tahan tubuhnya beda2. tapi ya namanya orang lahiran itu kan luar biasa capenya dan kehilangan banyak darah, jadi ya biasanya daya tahan nya pasti menurun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah man, comment lo mantap banget hehehe...
      no 1 and 2: iya gua juga ga percaya
      no 3: iya bener tuh, dulu faith juga susah banget dibedong, tangannya pasti keluar2..
      no 4: wah asikk, abis sekarang gua dikasih sindiran.. "abis ga dibotakin sih.." btw emma tapi rambutnya keliatan tebel?
      no 5: iya g jg ga percaya..
      no 7: kalo si esther gak pake tradisi ga keramas n minum jamu2an ya?

      Delete
  2. betuL !! kata nenek ku sih yaa seperti itu gambaran nya, bayi pake gurita, alhamdulilah masih ada jaman sekarang, kalo koin ,, kaya nya disini udah ga ada, terus kebawah nya bner semua kecuali yang keramas itu, bayi sekaranng kalo aku liat langsung di mandiin deh di keramasin juga.

    Jadi inti nya Menurut kepercayaan masing2 aja kali yaa..
    aku juga tau nya soal bayi yang baru lahir disini yaaa kaya yang mbak tulis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dea, yang keramas itu maksudnya mamanya hihihi... abis melahirkan ga boleh keramas :)

      Delete
  3. 1. Nggak dipakein ke Madeline walo udah dibeliin gurita sama nyokap. Btw... mau nggak? Masih baru di plastik. Kalo mau ntar aku kirimin, daripada di rumah nggak kepake juga. Bener sih kalo mau dipakein gpp, yg penting jgn kenceng.

    Btw, madeline juga dulu pas kecil tidurnya cuma mau digendong, padahal udah dibedong. Kayaknya kebanyakan newborn gitu ya?

    2. Mitos banget, malah takut infeksi. Koin kan kotor.

    3. Madeline dibedong sampe 3 bulan. Soalnya susnya seneng banget ngebedong dia, akhirnya aku stop biar Madeline bisa eksplorasi. Kalo bedong pas tidur aja deh.

    4. Ini sih mitos banget. Bener tebel ato tipisnya rambut karena gen. Madeline dibotakin (karena tuntutan keluarga, pdhl gue gak mau) sampe sekarang rambutnya tipis. Lha wong rambutku emang tipis juga kok.

    5. Nggak tau sih kalo ini, temenku sih ada yg motong terus emang jadinya lentik dan kebat bgt. Tapi gue gak berani. Lagian bulu matanya madeline juga udah mayan panjang.

    6. Bedak kayaknya gak perlu, malah takutnya partikel2 bedak yg kecil2 masuk ke saluran pernapasan. Kalo minyak telon sih tetep dipake karena wanginya enak hihihi...

    7. Aduh kalo yg ini mendingan bawa hair dryer deh dari rumah, terus pas keramas pake aer anget. Gue kan dilarang ya ama mertua untuk keramas, terus suami gue ikut2an mendukung. Pas hari ke5 gue nyerah. Bau banget dan lepek dan udah mulai menggimbal!!! Terus guenya jadi gerah dan rungsing sendiri. Hari ke5 gue keramasnya harus 2 kali sampo, baru gimbalnya mulai terurai. Terus hair dryer, terus abis gitu gue ngerasa seneng banget, sebelomnya uring2an. Anak ke2 gue mau bawa tuh hair dryer ke rumah sakit dan langsung keramas.

    8. Yang ini nggak sih, tapi ntar baby 2 mau banget perawatan kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap nih commentnya :)
      1. gurita... boleh juga kalo gak dipake :) tp ngerepotin kah?
      2. iya setuju koin kotor
      3. dibedong tetep aja ya tidur ga tenang?
      4. wah g seneng nihhh ada yang back up..
      5. iya g jg ga berani
      6. kalo bedak dulu pakenya di lipetan2 kulitnya.. soalnya jd merah2 gitu.. bayi kan suka gendut hehe
      7. iya betul gua mau bawa hair dryer juga..
      8. ini enak banget (menurut gua) must have hehe

      Delete
  4. iya ini habis melahirkan makin gendut, mau coba obat takut alhasil pakek cara alami deh hehe

    ReplyDelete