Wednesday 14 August 2013

Balada ASI

Dulu Faith minum ASI tanpa susu tambahan sampe usia 9 bulan.
Terus pas 9 bulan, baru masuk kantor baru, aku ada business trip sementara stock dirumah udah berkurang, jadi mulai dikenalin sama sufor.., terus sejak setaun dia minum susu UHT.

Nah, sekarang ini aku juga mau kasih Daniel ASI at least 9 bulan atau kalo bisa lebih, biar adil dong :)
Bukannya anti sufor, tapi aku percaya kalau yang natural pasti lebih bagus, pasti ada maksudnya Tuhan ciptakan ASI buat bayi..
Dan emang udah terbukti, Faith itu jarang sakit, cuman paling pilek2 doang dan masih ceria..

Pas diruang bersalin, ASI-ku juga udah keluar sedikit2.. jadi pede dong bisa kasih ASI..
Tapi seiring dengan waktu aku jadi galau.. hehe
Jadi kapan gitu Daniel bangun2 terus, tiap kali ditaroh dia nangis..
Kata ibu pijet ASIku kurang, harus disupply sufor.., padahal pas awal2 dia bilang ASIku banyak :(
Terus dia bilang lagi walopun ASI banyak tapi kualitasnya beda2, ada yang bagus ada yang encer..

Ah si ibu bikin aku gak pede aja..
Dulu waktu hamil Faith padahal aku udah ikut kelas edukasi AIMI ASI..
Dimana dikasih tau kalo gak ada yang namanya ASI kurang..
ASI diproduksi berdasarkan demand...
Terus ASI encer itu adalah foremilk (asi awal) dan yang lebih kental itu adalah hindmilk (asi akhir)..
Makanya harus menyusui bayi dari satu pd sampe kosong jadi bayi dapet both foremilk dan hindmilk

Udah tau sih semua teori itu..
Tapi tetep aja, apalagi orang2 bilang kalo bayi cowok nyusunya lebih kuat..

Malem2 sambil menyusui  browsing mbah google ada artikel menarik mengenai syndrom ASI kurang disini
Jadi kalau bayi nangis/bangun2 terus bukan berarti ASI kurang, tapi bisa juga karena hal lain, salah satunya karena lagi masa growth spurt.
Dan emang sih si dede cuman 2 hari kaya gitu, setelah itu udah lebih tenang, bobonya lebih lama..

Tapiiii....
Kemarin kaya gitu lagi.. dan akhirnya aku coba kasih ASIP yang aku udah simpen buat cadangan masuk kantor nanti..
Dan setelah dikasih ASIP dia tenang gitu, pup banyak, terus bobo lama banget.. aku sampe bisa mompa.. padahal tadinya kaya udah kering disedotin..

Tadi sore begitu lagi.. dia nempel terus sama aku sampe aku udah nurunin ASIP lagi..
Tapi ga taunya jam 7 malem dia bobo dan pas aku taroh di box gak langsung nangis/bangun lagi..
Kayanya aku harus lebih sabar dan let him nempel aja kalo emang lagi mau ya? Kalau kebiasaan dikasih ASIP nanti takutnya produksi ASI berkurang, eh tapi bisa juga dikasih ASIP terus aku mompa?
Dilema2 hehehe
Moga2 kita berhasil ya de :)

18 comments:

  1. Hello, salam kenal. Baby aku 10w cewek kalo minum jg kuat dan sering.. Puji Tuhan cukup2 aje, walau sempet mikir ini anak kok ga kenyang2 ya... hahaha.. Jiayou ngASI nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Loren, salam kenal juga... iya thank you yah jiayou juga buat kamu

      Delete
  2. harus yakin pasti berhasil dong ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus yakin, since asi itu produksinya juga sedikit banyak ditentukan oleh mamanya hehe

      Delete
  3. Semangat ng-ASI-nya Bon! Pasti bisa! Kayaknya newborn emang sukanya nempel terus sama mamanya ya.

    ReplyDelete
  4. Temen aku ada yg bisa full ASI sampe 15 bulan padahal dari umur 2 bln anaknya udah gak mau nenen lagi. Tapi dia-nya konsisten mompa tiap 2 jam sekali, jd kayaknya malah lebih berat perjuangannya kalo cuman ngandalin ASIP ya? Semangat Bon, kamu pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. temenku juga ada dia pompa aja gak pernah nenen langsung, dan bisa sampe setaunan ya kalo ga salah.. tp emang bener aku mikir lebih enak nenen langsung ga usah cuci2 pompa dan sterilin terus bekuin, cairin hehehe

      Delete
  5. Iya percaya Tuhan mencukupkan :D Harus yakin dong Mama nya :D Semangat ng-ASI!!

    ReplyDelete
  6. Bon, lebih gampang neneng langsung dari pada mompa heheheh...semangat yah!!!! Belajar pake tangan aja, gw awalnya pake pompa tapi sering bengkak kenceng kaya batu 3 hari gak kempes2 serba salah akhirnya gw tusuk pake jarum steril trus muncrat ke kaca dari segala penjuru hahahaha...akhirnya ke klinik laktasi carolus diajarin perah pake tangan jdnya lbh gampang gak usah nyuci steril pompa lagi, tapi gak enaknya pake tangan 1 tangan pegang botol 1 tangan pencet nenen kl pake pompa kan 1 tangan pegang pompa 1 tangan bisa browsing hahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampunn lo nekat amat ditusuk pake jarum?? ckckck.. g baru denger yang kaya gini hehehe.. iya emang g setuju lebih gampang nenen langsung.. mompa pake tangan itu cape yaa.. katanya harus nunggu LDR, tapi gua suka ga dapet2 dan ga sabar... dan emang bener kalo pake pompa bisa sambil browsing hihihi

      Delete
    2. kalau mau LDR nipple nya harus di rangsang gitu hahaha nanti kl udah kerangsang dia bisa ngucrut banyak (duh bahasa gw jelek amat yah) rangsangnya kaya di main2in posisi kita petik gitar (ini juga temen gw yg ngajarin) hahaha lumayan sih nambah2 :D

      Delete
    3. iya kalo udah LDR emang enak banget merahnya.. dulu pas di kantor temen gua merah pake tangan, bisa kedengeran gitu srot srot.. terus cepet selese lagi dia.. mungkin harus latian yah lama2 bisa..

      Delete
  7. Semangat Bonni.. Pasti bisa! Hehe..

    Iya anak cowok emang nyusunya lebih kuat, diimbangin aja dengan makan yg banyak dan bergizi..

    Btw, rajin2 mompanya yah waktu asi lagi banjirnya2 3 bulan pertama.. Lumayan membantu deh, soalnya pas udah kerja, biasanya produksi semakin berkurang dan pengalamanku sih jadi defisit mulu hasil pompanya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, dulu pas faith juga, lama2 defisit.. tapi gimana ya skrg juga ga banjir2 gimana... hehehe

      Delete
  8. Pastilah berhasil yaaaaaaaa. Semangatttt

    ReplyDelete