Monday 26 August 2013

Apa ya rahasianya?

Kemaren lg makan di resto, ada keluarga bule dengan 3 org anak yg masih kecil2. Kayanya umur anak2nya sekitar 6 taun, 3 taun dan 1.5 taunan deh. Aku terkesan banget karena anak2 itu bisa duduk manis dan makan sendiri dari mereka nyampe di resto sampe pulang! Even anak yang paling kecil juga lho, duduk di baby chair makan sendiri. Mamanya cuman potongin trus kasih dia buat pegang dan gigit sendiri (makan pizza).

Sementara di meja sebelah ada keluarga indo dengan 3 anak juga yg age groupnya lebih tua, tapi yang satu main gadget, yang satunya tidur2an atau manjat2 sambil disuapin suster dan sesekali diancem papanya karena susah makan. Terus sempet lempar mainan nyampe ke meja kita. Cuman yg plg gede yang anteng..

Gak judging karena anak sendiri berdiri2 di sofa sambil disuapin hehe..

Apa ya rahasianya keluarga bule itu?

Dulu pas Faith baru mpasi pengennya ngelatih dia makan sambil duduk di meja makan, tp kok ya gak beli hi chair hehehe .. Soalnya takut ga kepake (pengalaman temen2) trus mbaknya juga suka nyuapin sambil digendong, katanya kalo sambil liat2 atau main lebih cepet... Dan emang kadang frustasi kalo itu anak lg gtm atau buka mulut tapi diemut.

Sebenernya Faith generally lumayan anteng duduk di resto, cuman kalo makan sendiri bakal lama dan dikit yang masuk hehe jd aku suapin (ga mendidik ya?) ahh dilema antara gizi dan disiplin....

12 comments:

  1. tergantung watak masing2 anak kali ya... pas kebetulan aja emang si keluarga bule itu mungkin wataknya pada anteng2...

    soalnya dari pengalaman kita sendiri, dulu pas andrew sih anteng banget lho. dari kecil kalo ke restoran tuh asik banget dah karena si andrew selalu mau duduk di highchair, gak pernah ribet, gak pernah rese. setiap temen yang ngeliat pasti amazed.

    eh tapi beda banget dong ama emma. gak bisa diem. ribet banget. bosenan. muter mulu. hahaha.

    jadi yah begitulah dah... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo teori elo bener, beruntung banget ya ibunya.. bisa punya 3 anak anteng2 semua... apa rahasianya.. karena watak kan dari sononya ya..

      Delete
  2. Dulu waktu mau MPASI Alice aku sempet baca2 ttg BLW. Katanya krn org bule itu rata2 gak punya baby sitter, mrk mendidik anaknya utk makan sendiri sejak awal, cuman dikasih finger food gitu trs anakya jd terbiasa deh dan mrk jg gak ribet urusan makan kalo travelling. Tergiur dgn hal itu aq pas awal2 sempet nyobain, tp ya gitu deh, gak bertahan lama, krg kuat tekadnya kali ya? Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku dulu juga pernah cobain faith blw, tapi diliatin doang itu makanan, diambil pun gak hehe.. gak jadi deh BLW2an..

      Delete
  3. kayaknya karena orang bule itu gak punya teknologi namanya mbak deh, makanya anaknya dididik untuk mandiri dari kecil. kadang mbak itu kan mau gampangnya aja, misalnya makan digendong, yg penting makanan habis, padahal.kan nggak ngedidik ya?

    sama bon, madeline kalo dibiarin makan sendiri paling yg masuk cuma beberapa potong doang, sisanya dibuat main, jadi aku paksain deh suapin. huhu... mana anaknya udah kurus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, gak ngedidik, tapi sebenernya susah juga lho nyuapin sambil main, apalagi kalo anaknya lari2an..mesti sabarrrr...
      aku ga nyalahin para mbak sih, mungkin mereka berpikir kalo anaknya dibiarin makan sendiri, makanan gak abis, nanti anaknya sakit, kurus, dia takut dimarahin juga..

      Delete
  4. Nah iya bener, pas baca lgsg kepikiran.. Mungkin krn bule2 itu ga ada mbak. Jadi lebih disiplin dan memang lgsg diajarin sama mama papanya.. ;D Bgitu kali yah.. Py juga udah sering liat di fc gitu anak2 bule emang lebih anteng makan. Makan sendiri pulak, ga da yg nyuapin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi kaya gini rasanya kepengen resign deh... hiks2

      Delete
  5. Temenku yang nikah campuran anaknya lumayan anteng sih kalo lagi makan di high chair. Walaupun emang tangannya gritil banget, semua dicomot.. ahahaha.. Mungkin emang karena disini ortu harus turun tangan sendiri kali yaaa.. jadi mau ga mau harus didik anak disiplin juga. Kalo ga kan mereka sendiri yang ribet..

    ReplyDelete
  6. Hampir sama dengan komen yang lain, disini jarang yang pake asisten. Nanny sih ada...tapi ya mahalnya gitu deh...haha...jadilah semua ya ditanganin sendiri.
    Kalo di kita, emang dibiasain duduk selagi makan dari kecil. Kalo masih kecil ya emang disuapin, tapi makin gede ya diajarin makan sendiri...emang pasti ada saat2 makannya lama, ya namanya anak kecil makan sendiri, apalagi belepotannya. Tapi tar kalo udah gedean lebih meringankan tugas kita sih...hehe...karena udah terbiasa.

    Dari mulai bisa duduk si Vianney udah pake highchair sampe kira2 umur 3.5th baru pindah kursi biasa. Sekarang highchairnya udah nurun ke Vanessa deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pe er banget ini bikin faith makan sendiri pake highchair.. (harus beli high chair nya dulu hehe)

      Delete