Wednesday 18 February 2015

Cerita soal oma opa (3)

Lanjutan dari sini dan sini

Oma L (mamaku)

Mamaku ini wanita tangguh :)
Anak ke 4 dari 10 bersaudara, lahir di Semarang, Jawa Tengah
Saat kecil tidak mendapat kasih sayang dari papanya...
Dia dianggap anak sial (mungkin karena urutan no 4 yang dipercaya orang Chinese ga bagus, dan juga katanya papanya saat itu kalah terus judinya)..
Tapi Tuhan sayang sama dia...
Mama sekolah assisten apoteker, yang saat itu dari sekian banyak murid, yang bisa lulus hanya sedikit, dan karena berkat Tuhan dia bisa lulus..
Berbekal ijazah SAA, dia pergi ke Jakarta untuk bekerja..
Nekad juga karena tidak ada keluarga di Jakarta
Dia pernah cerita tinggal di tempat yang gak ada toiletnya, sampai kalau pup harus dibungkus dan dibuang sendiri.. (hiyy).. terus pernah juga harus kabur karena mau diperk*sa

Sampai akhirnya dia kerja di daerah Melawai, disayang bos-nya dan disitu dia ketemu papaku..
Tempat kerjanya itu dekat dengan gereja.. dimana di hari minggu dia lihat keluarga2 bahagia, suami, istri dan 2 anak duduk di belakang mobil, pergi ke gereja bareng.. dan dia mau yang kayak gitu..
Cuman as simple as mau punya keluarga harmonis bikin dia datang ke gereja..
Gak ada yang menginjili atau ngajak2..
Dan gak lama keinginnanya terwujud.. pergi ke gereja sama suami dan 2 anak..

Mamaku ini punya mimpi yang besar..
Setelah melahirkan kakakku dan aku, dia nekat resign dan membuka bisnisnya sendiri, sementara papa tetap bekerja...
Dari bisnis itulah bisa dibilang kami bisa mendapatkan hidup yang cukup..
Mamaku cepat melihat peluang.. otak dagangnya jalan banget deh hehehe..

Mamaku orangnya gak sabaran, gak suka menunda-nunda pekerjaan dan bawelll.. hihihi..
Suka ngatur dan ngomel kalau gak sesuai apa yang dia suruh..
Mungkin karena itu dia cocok jadi wanita karir/bos ya.. karena pinter memanage orang..
Tapi walaupun dia bawel, karyawannya awet2 lho..  karena mamaku ini cuman ngomel kalau ada kesalahan aja, abis gitu dia gak dendam atau pilih kasih .. terus dia juga ngomel ke semua orang, jadinya para karyawan gak sakit ati kali ya.. soalnya papaku aja suka kena omel hihihi..

Mamaku ini penuh belas kasih dan rasa iba..
Kalau dengar orang butuh biaya untuk ini itu pasti dia akan berusaha untuk bantu..
Karyawan2nya dikasih pinjaman tanpa bunga untuk beli rumah, dll.. padahal mereka cuma asisten biasa tanpa gelar atau pendidikan.

Sebagai ibu walaupun dia tidak dirumah menyuapi memandikan kita, tapi dia selalu memantau pendidikan kita (formil atau agama), dan juga selalu menasihati kita.

Berbagai nasihat2 dia yang membekas sampai sekarang..

  1. Harus bilang terima kasih kalau diberi sesuatu sama orang, karena ibaratnya kita buang barang di kali aja, akan ada kedengeran bunyinya.
  2. Pakai barang yang dikasih seseorang saat bertemu orang itu, katanya biar yang ngasih senang hihihi.. jadi misalnya dikasih baju dari tante, nah pas ketemu sama tante itu pakailah baju itu.. 
  3. Dia juga bilang harus menghormati orang tua, walaupun bagaimanapun kelakuan orang tua itu.. Dia mencontohkan kalau dia tetap hormati orang tuanya, mertuanya, dan Tuhan memberkati dia. 
  4. Walaupun sudah cukup, tapi mama masih hidup sederhana.. katanya hidup itu gak selalu diatas jadi kita harus selalu savings for rainy days. Walaupun kadang kita berasa dia iritnya kebangetan, cenderung pelit hahaha.. tapi kalau buat anak2nya (sekarang cucu2nya) dia rela spend money.
  5. Jadi orang jangan gengsi.. kalau memang gak sanggup yah gak usah 
  6. Dia juga tidak pernah ngajarin aku (secara implisit atau terang2an) untuk cari suami yang kaya.. Dia selalu bilang, cari suami yang seiman, yang takut akan Tuhan.
  7. Dia juga selalu bilang jadi istri harus membantu suami, gak boleh enak2an aja menadah uang ke suami. 
  8. Terus dia juga bilang jangan ngerepotin orang, walaupun orang itu pembantu, supir, karyawan, dll kalau minta tolong itu harus mikirin orang itu juga.. misalnya kalo nyuruh anter barang harus sejalan, jangan bolak balik, kalau udah malam gak usah panggil2 pembantu, kalau minta dijemput supir ya harus on time jangan biarin dia nunggu lama-lama.. dll dll.. 

Growing up banyak saat2 dimana aku suka gak tahan sama ocehan dan sifat gak sabarannya.. ditambah emotional juga..
kadang aku merasa pengen cepet2 tinggal sendiri aja..
Tapi walau begitu aku tau kalau dia itu sayang sama anak2nya.. semuanya demi kebaikan anak2nya.. dan sifat emotional itu mgkn karena latar belakangnya yang kurang disayang sama papanya, jadi dia kurang percaya diri.. , mudah tersinggung..

Mama sekarang sudah banyak berubah, lebih sabar dan suka tertawa...
Lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, main sama cucu2 dan berdoa..
Apalagi ya.. kalau ada nanti ditambahin deh :) 

2 comments:

  1. Nyokap gue juga lulusan SAA yang katanya susah setengah metong. Tp nilai bahasa latin dia full mark alias 10 hahaha. Terus kerja di kantor dengan posisi yg ga ada hubungannya sama SAA dan ketemu bokap jg di kantor. Tp bedanya, begitu dia pny gue, dia resign full jadi IRT krn ga tega ninggalin anak. Tp aktifnya ga berkurang cuma dialihkan jadi masak2 dan beberes rumah plus aktif di gereja. Nyokap lu kayaknya tipe yg mudanya tough life banget ya. Tp krn ada kedekatan sm Tuhan, di masa tua dia bukan tipe yg revenge, tp tipe yg pay it forward rahmat Tuhan supaya org gak susah spt dia di masa lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener susah banget ktnya SAA...
      iya untungnya Tuhan masih sayang sama dia..

      Delete