Saturday 7 September 2013

Tentang ART

Nyokap selalu berprinsip kalau lebih baik menggaji ART untuk melakukan tugas2 RT kayak nyuci, ngepel, bersih2 rumah, masak supaya bisa fokus untuk cari duit ketimbang melakukannya sendiri. Jadi dari kecil seinget aku nyokap gak pernah gak punya ART, dan herannya mereka itu betah2 aja kerja sama nyokap.. sampe puluhan taun padahal nyokap itu bisa dibilang bawel.. Kalo kata mbak S (see below), yang udah ikut dari aku kecil, soalnya perlakuan dia ke semua orang sama, ke dia sama, ke suami, anak sama.. (maksudnya sama2 galak dan bawel hehehe), jadi dia gak sakit ati.. Terus mungkin karena nyokap selalu memposisikan diri dia di tempat mereka.. jadi kalo nyuruh itu yang reasonable dan gak memberatkan, bahkan yang bisa dia kerjakan dia kerjakan sendiri.

Anyway mau cerita soal beberapa ART yang sampe sekarang masih kerja sama nyokap.
1. Mbak S
Dia udah ikut nyokap dari aku umur sekitar 2 taunan. Dulu tugasnya ya selain jadi ART, ya juga momong aku. Dia sempet keluar karena gak mau disuruh nyokap bantu2 di Apotek.. soalnya gak tahan bau obat, tapi dia juga gak bilang, padahal kalo dia bilang juga nyokap gak maksa.

Mbak ini rajin banget, sekarang ada di rumah kk. Rumah selalu bersih kinclong tanpa disuruh. Bahkan lampu kristal itu bisa dipretelin satu2 buat digosokin terus dipasang lagi.. , kolam ikan rajin dikuras tanpa disuruh.. sampe nyokap kesian kolamnya ditiadakan diganti taman aja.

Yang bikin aku terharu mbak ini waktu aku married kasih angpao Rp 400 ribu lho. Untuk ukuran 7 tahun lalu dan untuk ukuran ART, aku rasa itu besar banget. Mungkin ini sama kaya perasaan Tuhan soal janda yang memberi dari kekurangan lebih berarti daripada pemberian dari orang kaya. Sampe sekarang aku berusaha kalo pergi kemana2 bawain dia oleh2...terus every once in a while suka bawa Faith main ketempat dia, dia seneng sama Faith. Oh ya mbak ini single sampe sekarang.

2. Mbak J
Mbak yang ini mulai kerja pas mbak S keluar. Sampe sekarang masih kerja sama nyokap, tapi udah ga jadi ART tapi di Apotek.
Dia berjasa tanya2in aku setiap ulangan. Terus dia juga dulu yang paling suka kepang2in atau kuncir2 rambut aku hehe.. kalo aku mampir ke Apotek dia suka kasih rempeyek dagangan dia.. hehehe...
Ambisinya besar, sekarang anaknya udah masuk kuliah lho..

Nah sekarang cerita soal mbak nya Faith, a.k.a mbak Y..
Dia itu adalah ade iparnya mbak yang lain.. Nyokap gak mau ambil dari yayasan, ngeri katanya.. kalau referensi kan jelas identitasnya.

Mbak Y ini mulai kerja pas Faith lahir..
Orangnya walo keliatannya santai, tapi cepet kerjanya, bisa multitasking deh.. masak cepet (enak lagi), bersih2 rumah juga cepet.. terus dia juga good with kids. Udah gitu orangnya penuh initiative, tanpa disuruh dia udah ngerjain. Kadang aku berpikir apa jangan2 dia itu punya indra keenam.. abisnya kadang aku baru ngebatin atau cerita ke Toma, eh besoknya dia udah lakuin yang aku mau. Contohnya, minggu lalu, aku lagi mikir mau pakein Faith baju yang itu, terus aku lupa bilang sama dia, eh bisa2nya si Faith dipakein baju itu lho..

Orangnya juga smart.., kaya main ipad gitu juga baru liat udah bisa.., terus juga bisa ngajar2in Faith sopan santun.. , bahasa inggris bisa juga dikit2.. , cepet nangkep lah instruksi2 kita..

Dia juga ga itung2an, pas kemaren aku lagi ngidam nasi uduk, dia beliin lho terus pas mau diganti dia bilang ga usah..

Terus dia juga keliatan sayang sama Faith, sepertinya Faith udah dianggap anak sendiri. Dia itu janda anak satu, di hp-nya cover depannya foto Faith sama anaknya.. terus dia juga suka panggil Faith dede.. (mungkin anaknya itu kakak, Faith dede?) tapi sekarang sejak Daniel lahir dia panggil Faith kakak sih.. Pas Faith ultah dia sempet2in beliin sepatu.. terus sepatunya juga bagus..  Aku juga pernah cerita disini dia beliin Faith mainan..

sepatu hadiah ulang taun dari mbak Y
Nyokap bilang aku beruntung dapet dia.. , dia yang ngurusin semuanya..
Iya aku bersyukur sih...
Tapi I feel like I'm competing against her..
Gimana ya, aku ini kan emang sucks dalam masalah RT.. sementara dia kayanya kerjain semuanya itu dengan santai...
Kayak masak, aku sampe males masak, karena dia bisa masak lebih enak.. bahkan pas puasa aja masak tanpa dicicipin rasanya juga enak..

Udah gitu si Faith itu suka nangis kalau mau ditinggal mbak-nya..
Jadi kalo udah sore, aku pulang kerja, aku suruh mbaknya istirahat di bawah..  nah si Faith ini suka ga mau ditinggal.. jadi harus didistract sama apa gitu baru mbaknya cepet2 kabur..
Waktu kecil kan emang wajar baby maunya sama orang yang sama dia terus, pas udah gedean dia udah gak nangis lagi ditinggal mbaknya, udah tau kali siapa mamanya, tapi pas dedenya lahir, aku pernah cerita disini, sama kemarin dia begitu lagi.. and it broke my heart somehow..  maksudnya, aku kan ada dirumah gitu lho.. bukannya yang ninggalin dia.. kok dia masih ga mau ditinggal mbaknya..

Kadang aku berharap pengen juga ga usah kerja dan urus anak2 sendiri aja..
Mungkin dengan begitu aku lebih bisa in charge in everything...dan ga ada adegan Faith nangis2 ditinggal mbak :( bakal capek sih, tapi mungkin lebih puas yah..

Pasti ga ada deh orang lain yang minder sama ARTnya kayak aku :(

8 comments:

  1. Dulu pas awal-awal punya nanny juga aku minder lho sama dia. Secara kan aku new mommy, mandiin salah pegangnya, gunting kuku/bersihin kuping nggak berani, bedong nggak bener. Sedangkan dia udah pernah kursus jadi nanny, sebelum Madeline pernah pegang 3 baby dari newborn, ya jelas lebih pinteran dia. Mana Madeline kalo dipegang dia lebih anteng dan gak drama. Tapi terus aku mikir, biar dia lebih pinter, aku harus tetep in charge, dan aku yakin madeline tau siapa mamanya.

    Faith dan Daniel sesayang2nya mereka sama mbak, pasti lebih mentingin dan sayang sama kamu Bon. Dont worry about it, semangaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih semua orang juga bilang gitu.. sebenernya si Faith juga suka nangis juga kalo ada mbaknya ga ada aku.. (biasanya kalo tidur siang)... terus kalo mbaknya pulang juga ga nyariin.. yah mungkin aku terlalu sensi hehehe

      Delete
  2. Dibawa positip thinking aja Bon, kalo punya ART yang bisa handle kerjaan rumah sementara nantinya kamu bakal ngantor. Jadi bisa kerja dengan lebih tenang, ga kepikiran di rumah gimana. Apalagi di jaman yang serba susah cari ART gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sih.. emang tenang sih ninggalin anak sama mbak itu.. karena dia cekatan dan berpengalaman gitu..

      Delete
  3. tenang aja Bon, yang penting anak2 tau siapa mamanya kan :)
    mbaknya bisa ngelakuin semua hal dengan enteng soalnya itu kan makanan dia sehari2 jadi udah terbiasa....coba disuruh kerja kantoran atau bawa mobil kan belom tentu bisa hehehe
    trus bersyukur dapet mbak yang baik jadinya kerja di kantor juga tenang hehehe
    mbak S skrg kerja dimana setelah brenti apa udah pensiun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sih, tapi pengennya aku bisa kerja kantoran, bisa bawa mobil, bisa ngurus anak, bisa masak, hahhaha.. -> pengen doang ga mau usaha. Mbak S masih kerja sama mamaku...

      Delete
  4. Waduh Bonni, beruntung banget punya mbak2 yang kayak gitu yah... Aku juga punya mbak satu yang udah ikut 2 tahun-an, biarpun banyak minusnya yang kadang bikin aku stres juga, tapi aku bersyukur paling nggak dia nggak pulang2 terus :D

    Si Alice juga sayang banget gitu sama mbaknya, tapi aku selalu berusaha "mencuri" perhatiannya dia jadi dia tetep suka penasaran sama aku hehe.. Biasanya caranya dengan ngajakin dia melakukan hal-hal yang nggak pernah dia lakukan kalo bersama mbaknya, misalnya: bikin sandiwara boneka, main masak2an pakai adonan tepung sungguhan, nyiram taman (sambil main semprot2an),etc. Jadi mungkin dia mikir wah seru nih kalo sama mama :D

    Instead of mikir kok ini kayak kompetisi, better kita cari di bagian mana kita bisa "mengisi kotaknya" dengan lebih baik and let si mbak do the rest, karena buat setiap anak pastilah mommy-nya kok yang the best :)

    Semangat yah! *hug*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku beruntung sih.. tapi mungkin juga karena aku easy to please ya.. yang penting rumah rapi, anak sehat, mungkin kalo mbak2 itu ikut orang lain belom tentu mereka puas sama kerjaannya? iya sih harus punya sesuatu yang mbaknya gak punya.. , kadang2 disogok pake ipad hehe.. tp kita lagi batesin gadget, ipad cuman boleh on weekends.., jadi ortu itu susah yaa..
      thank you ya Mayo

      Delete