Wednesday 31 July 2013

Faith 30 bulan: jadi kakak dan pertama sekolah (part 1)

Minggu pertama setelah Daniel pulang dari RS bisa dibilang minggu yang berat buat Faith dan aku..
Buat Faith karena minggu itu pas banget sama minggu pertama sekolah ditambah adanya ade baru yang menyita perhatian mamanya.., buat aku ya karena Faith jadi "beda".
Hari2 pertama Daniel lahir si Faith keliatan excited.. dia kasih tau semua orang "dedek bayi" nya.., dia juga suka cium2 dede-nya.. dan kepengen gendong2 dede juga..
Waktu orang kantor tanya gimana Faith sama dedenya, aku dengan bangga bilang kalo si Faith sayang dan ga ngiri.. Terus mereka bilang.. "belumm aja.. , nanti kalo udah lihat mamanya nyusuin dll pasti mulai iri dan berasa gak disayang deh.."
Aku senyum2 aja dan berharap mereka sirik aja abisnya si Faith udah pernah kok lihat aku nyusuin dedenya dan dia masih oke..
Tapi ternyata aku salah..
Daniel pulang dari RS hari Minggu.
Hari Senin Faith pertama kali masuk sekolah, dianter sama papa, mbak dan oma.. (heboh ya).. maksudnya biar pihak sekolah tau siapa aja yang bakalan anter jemput Faith.. Hari itu baru pengenalan, jadi sekolah cuma 1.5 jam aja.
 Kata Toma Faith gak mau ditinggal. Sempet nangis saat ditinggal.. tapi dia masih ceria..
Aku lupa mulainya di hari keberapa, mungkin hari ketiga, Faith bangun pagi gak seperti biasanya, kali ini dia keliatan sedih.. Jadi setelah tidurin Faith, aku bobo di kamar sebelah sama dedenya, Faith bobo sama papanya. Pagi2 dia bangun gak ada aku disampingnya, trus dia liat aku tidur sama Daniel, mungkin ini yang bikin dia keliatan sedih.
Terus dia mulai bilang gak mau sekolah, mau bobo aja ngantuk..
 Dia sempet minta aku mandiin dia, tapi berhubung baru dari RS, aku gak bisa jongkok2... jadi minta tolong mbak, kayanya dia ngambek juga abis itu..
Pulang sekolah juga dia keliatan bete, galak, pokoknya gak seperti Faith yang biasa.
Terus jadi nempel sama mbaknya, gak mau ditinggal..
Kalo keinginannya gak diturutin ngambeknya berlebihan.. dan suka minta ini itu tapi gak jelas.. contohnya minta turun, begitu sampe bawah, minta naik, begitu terus..
Pas hari Kamis (hari keempat sekolah), sekalian bawa Daniel untuk check up dokter, aku anter Faith ke sekolah, pengen ngobrol sebentar sama miss-nya.. Pas baru nyampe aku tanya Faith mau pipis gak, dia bilang mau, tapi pas aku anter ke WC gak mau dia.. Terus gak lama ada miss-nya.. Faith langsung bilang "mau sama mama aja..", miss-nya langsung gendong dia, Faith sempet bilang "mau pipis.." missnya bilang "iya pipis sama miss ya.." dan suruh aku pergi.. Faith nangis.. , hiks, aku juga mau nangis.. (entah pengaruh hormon pasca kelahiran or apa).. jadi aku say bye2 ke Faith dan buru2 pergi.. ga nengok kebelakang lagi,.. malu dong masa ortu nangiss pisah dari anaknya..
Pulangnya pas aku jemput, Faith nangis begitu liat aku ngintip dari jendela kelasnya.. Terus dia berulang kali bilang "tadi aku nangis, mama tinggal.." ini diulang2 diceritain ke oma opa sampe mertuaku jg
 Nah sejak hari itu makin worse aja, dia ga mau ditinggal mbak-nya.. rewel banget nanya terus "mbak mana.." Terus kalo aku tanya "emang kalau sama mama ajaa kenapa.., faith gak sayang mama?" dia jawab "enggak" hiks
Puncaknya hari Jumat.. tadinya dia udah bobo sama aku di kamar, tapi dia terus cariin mbaknya.. aku bilang mbak ada diluar... terus dia bilang mau bobo sama mbak aja di luar (ditempat dia biasa tidur siang).. sampe akhirnya aku menyerah..aku bilang ya udah.. hiks..
Dia keluar dan bobo sama mbaknya.. , masih usaha, aku coba bobo disebelahnya.. Pas liat aku dia dorong2 aku bilang "mama bobo sana aja.. mama bobo sana aja.." hiks2 (note: hiks = aku ikutan mewek) Terus dia juga sempet bilang "aku gak sayang dede"
Pokoknya dia kayak hukum aku.. mungkin dia takut disakiti atau gimana ya (kok anak 2.5 tahun perasa banget ya) Jadi gak mau berdua aja sama aku, ga mau main sama aku, ga mau dimandiin sama aku dll.. Bikin aku nangis aja.. hiks2..
Bersambung

14 comments:

  1. ya takes time pastinya ya buat penyesuaian.... mungkin mesti ada waktu2 dimana lu spend berduaan ama faith aja kali ya biar dia gak merasa kalo mamanya berubah...

    ReplyDelete
  2. Aduh Bon, bacanya ikutan sedih huhuhu... Mungkin berat banget ya buat Faith, mudah-mudahan dia bisa cepet menyesuaikan diri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin kalo cewek lebih perasa ya?

      Delete
  3. :( Moga ga berlangsung lama yah ci, moga segera bisa sayang Daniel dan mau sama Mamanya lagi.

    ReplyDelete
  4. wah adaptasi nya mayan berat ya buat faith.. smoga suasana nya cpt membaik.. mungkin sering2 libatin faith wkt ngasuh si adenya.. biar dia juga merasa sayang en ga merasa itu saingannya ya.. semangattt bon ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. sekarang udah membaik sih.. :) thank you yaa

      Delete
  5. Awal2 pasti berat ya apalagi Faith masih kecil...dia cuma taunya kok mamanya ga fully attention lagi ke dia, tapi lebih banyak ke dd-nya...makanya dia bilang ga sayang dd. Moga2 seiring berjalan waktu nanti bisa lebih ngerti ya. Diajakin ngobrol2 aja kalo dd lebih perlu mama karena masih baby dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo Vianney dulu gimana?
      apa kalo ce lebih perasa ya..

      Delete
    2. Vianney dulu ga sampe bilang gitu...cuma yang kentara caper aja, kan dari 5 taon jadi pusat perhatian tau2 muncul dd-nya. Tapi lama2 udah ga lagi...sekarang malah udah bisa main berdua :)

      Delete
    3. awal2 mungkin emang gitu ya, semoga nanti Faith dan Daniel juga akur2 ky Vianney dan Vanessa

      Delete
  6. Waaaw... sedih banget bacanya hik hiks...! Sabar yah Bon *hugs* Faith cuman butuh waktu...

    ReplyDelete