Tuesday 19 August 2014

Tips menghadapi persaingan antara anak dan adik barunya dari Nanny 911

Kalau baca posting yang ini, diingat2 masa Daniel baru lahir itu masa2 yang sulit buat Faith..
Mungkin aku kurang siapin Faith dari hamil ya..
Baru2 ini baca Nanny 911 dan mau sharing aja tips2nya siapa tau ada yang butuh dan juga sebagai pengingat untuk aku sendiri.

Kata Nanny 911: 
Bayangkan suami anda masuk rumah dan mengumumkan kalau dia pulang membawa istri baru dan dia hanya tau kalau anda berdua akan menjadi teman baik selamanya. Itulah yang dirasakan oleh anak-anak terhadap adik barunya. 
--> ya ampun.. gak enak banget yah perasaan Faith waktu itu?

Jangan katakan kepada bocah 2 tahun ketika anda baru hamil enam bulan.
Ceritakan kepada anak dari dini.
Kami (Nanny911) suka membuat big sister/brother t-shirts dan mendekornya
Kami juga membuat kalendar besar sebelum tanggal kelahiran dan menandai hari2 yang berlalu
Beri anak-anak yang lebih tua hadiah kecil ketika acara selamatan bayi.

Ketika adiknya lahir, bawa saudaranya ke RS dan katakan "adik bayi membawakan hadiah untuk kamu," dan belikan sesuatu yang anak itu inginkan.

Ketika bayinya pulang, tetap berpegang pada rutinitas anda.
Anda masih bisa membacakan buku kepada balita anda sembari memberi ASI kepada bayi anda.
--> menurut aku ini perlu banget bantuan dari orang lain untuk bantu mengurus adiknya sementara kita fokus sama kakaknya..
Tidak ada anak yang mau merasa kalau bayi baru telah mengambil alih tempatnya didalam rumah dan juga kasih sayang dari ayah dan ibu.

Anak yang lebih tua diajak membantu mengurusi bayi
Anda tidak perlu terus-menerus berkata "ssh, adik bayi sedang tidur"
--> ini kita banget nih hiks2
Beri mereka kepastian akan kasih sayang anda seperti biasa atau lebih, karena dia menjadi kakak yang begitu baik dan sayang kepada adiknya.

Konsep saudara seumur hidup adalah kunci mengurangi sifat kompetisi dan kecemburuan ketika anak-anak semakin besar.

Jangan membanding-bandingkan anak-anak!!
Fokus kepada siapa anak anda, kekuatan unik yang dia miliki dan apa yang mampu dia lakukan dengan baik. Bukannya membandingkan anak-anak dengan berkata "kakak kamu dulu seperti itu, jadi kamu sekarang juga harus."
Dorongan positif seperti "Kakakmu mungkin pintar matematika, tetapi kami pintar mengeja," akan jauh lebih bermanfaat daripada "kenapa sih kamu tidak bisa dapat A untuk matematika seperti kakakmu?"

Perjelas ekspektasi dan jadikan hal itu realistis dan konsisten untuk semua anak.
Masalah seringkali meningkat ketika ortu membiarkan anak-anak yang lebih muda bertingkah laku buruk dan memarahi yang lebih tua. Anda harus adil dengan disiplin anda dan memberi konsekuensi pada yang bersalah.

Masalah pilih kasih
Sudah sifat manusia memfavoritkan anak yang paling mirip dengan anda, atau yang lebih imut atau lebih pintar daripada anak anak anda yang lain.
Orang tua akan sulit mengaku kalau mereka punya anak kesayangan.
Biasanya nanny akan berkata orang tua bukannya mencintai satu anak lebih dari anak yang lain, tetapi mereka mencintai anak dengan cara yang berbeda. Kamu akan selalu menjadi kesayangan seseorang"

Semua keluarga perlu menyisihkan waktu khusus untuk setiap anak.
Sesekali memberikan perhatian berlebih kepada seorang anak yang benar-benar membutuhkannya bukan pilih kasih. Tindakan itu memberi ketenangan pada anak - dan hal itu adalah pengasuhan anak yang baik.

Keluarga yang mendukung kerja tim dan ide saudara seumur hidup anak mampu membesarkan anak-anak yang bisa akrab dengan siapa saja, bukan hanya anggota keluarga mereka. Mereka adalah anak-anak yang di pesta ulang tahunnya bisa membuka hadiah dan berkata, "Lihat, kita semua bisa bermain bersama."
--> amin semoga Faith dan Daniel bisa jadi anak seperti itu ya..  

8 comments:

  1. Bonie pasti bisaaaah!!!
    Stlh baca postingan ini aku semakin pasti ga mau bikin adek (dulu) buat Raya hahahaha XD
    kiss kiss buat cici faith & daniel

    ReplyDelete
  2. TFS Bon. Bisa buat jadi bahan pembelajaran kalau nanti Madeline punya adik.

    ReplyDelete
  3. Halo mbak, salam kenal yaaa.. Aku suka baca blognya dr jmn hamil anak kedua dl, jd belajar dr pengalamannya faith-daniel dan mesti gmn ngadepinnya stlh si adek lahir..membantu sekaliii..thank youuu..;)))
    btw diinget2 kyanya kita pernah ktmu di giggle fX d, pantes kok aku familiar ama muka mbak plus faith-daniel disana, gak taunya karna srg liat fotonya di blog ini..hehehe..;P

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga terharu dibilang blognya membantu hahaha...
      wah kemarin ketemu ya di fx... aku ingettt kok.. ehehhe
      nanti aku berkunjung juga ke blog mu yah

      Delete
  4. Betul yang kamu tulis ini Bon... aku pernah baca juga lupa dimana, katanya kalo kita punya 2 anak yang udah usia balita ke atas, sebaiknya secara periodic salah satu orang tua mengajak anaknya (gentian) nge-date berdua aja supaya dia merasa special, jadi nggak semua-muanya waktu bersama ortunya harus dibagi dengan saudaranya.

    ReplyDelete