Thursday 16 January 2014

Book: Jangan Menyerah Bunda (Anies, Dessy dan Ayik)


Judul buku :                        Jangan Menyerah Bunda
Penulis:                                Anies Anggara, Dessy, Ayk
Editor:                                  Rudi G Aswan
Penerbit:                             Bypass
Tahun:                                 2013
Hal:                                       295 halaman
Harga:                                  Rp 48.000
ISBN (13):                            978-602-1667-00-2
ISBN (10):                            602-1667-00-9

Di Indonesia pada umumnya kehadiran seorang anak sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Beberapa pasangan mungkin memutuskan untuk menunda (seperti aku dan suami), tetapi at the end sedikit banyak pasti ada keinginan untuk mempunyai buah hati.

Namun demikian mendapatkan buah hati ternyata gampang-gampang susah. Seperti aku dan suami dulu, yang sehabis menikah sok-sokan mau menunda sepanjang tahun pertama; tapi ternyata sampai 3 tahun tak kunjung hamil juga. Sampai saking putus asanya, pada akhirnya aku bilang ke suami “ya kalau gak punya anak gak apa-apa kan yah..”  

Dan waktu pada akhirnya aku bisa hamil Faith, rasanya memang saat itu adalah saat yang tepat. Kalau Faith hadir di tahun-tahun pertama pernikahan kami, rasanya kami belum siap. Makanya sewaktu membaca tulisan di halaman pertama buku ini, aku langsung bilang, I can totally relate to them!!

“ Menanti memang hal yang melelahkan, terlebih bila yang dinanti bukan suatu yang pasti. Namun, selama dijalani dengan ikhtiar, sabar dan ikhlas; suatu saat semua ketidak-pastian akan mudah menjadi pasti, ya diwaktu dan di kesempatan yang indah.” (hal 5).

Buku ini berisi pengalaman Anies, Dessy dan Ayk dalam mendapatkan momongan. Terbagi menjadi 3 bagian, dimana setiap penulis masing-masing menulis satu bagian dengan gaya bahasa mereka masing-masing. Anies menyebut dirinya saya, Dessy menyebut dirinya gue dan Ayk menyebut dirinya aku. Sepertinya editor benar- benar ingin agar buku ini orisinil, selayaknya sebuah diari dari ketiga pejuang momongan.

Dibandingkan mereka, mungkin perjuanganku dalam mendapatkan momongan tidaklah seberapa. Tetapi aku bisa relate dengan apa yang mereka rasakan; sensitive saat ditanyain udah isi atau belum terus-terusan seperti Anies (hal 24), meringis saat pergi ke kasir membayar biaya program hamil seperti Dessy (hal 118) atau merasa privasi terganggu karena berkonsultasi dengan dr yang ruang praktiknya diisi dua pasien sekaligus seperti Ayik (hal 204).

Buku ini sangat inspiratif dan informatif, terutama bagi mereka yang sedang menunggu momongan. Selain berisi curhat dan keluh kesah, mereka juga menjabarkan program apa yang mereka telah jalani berikut kira-kira biayanya. Perjuangan dan kegigihan ketiganya sangatlah menguatkan. Memang tak salah lagi kalo Anies, Dessy dan Ayik menyebut diri mereka “pejuang momongan”. 

Akhir kata, doaku bersama Anies, Dessy dan Ayik dan semua  pasangan yang mendambakan momongan agar Tuhan selalu memberi kekuatan dan memberi yang terbaik indah pada waktunya. Amin.


12 comments:

  1. booon cakep dipotonyaaa... #salahfokus :D

    ReplyDelete
  2. itu dessy blogger juga Bon hehehe yg gw kenal cm dia, bisa po bukunya dpt ttd dia dkk tapi gak ikutan malah beli di gramed CP pas diskon 30% hahaha

    kalau anak kita cuma bisa berusaha, berdoa sama berserah yah semua kan tergantung yang diatas hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga suka berkunjung ke blog-nya.. ini kan ikutan giveaway dari blog nya hehehe

      Delete
  3. kalo diinginkan emang kadang susah punya anak tuh.. tapi ada juga yang ngga pengen, tapi malah punya. jadinya dibuang di kardus.. *gak tau terima kasih

    ReplyDelete
  4. tq bon udah ikutan... semoga menang. ehhh ada feli mama clarissa conrad di sini hehehe...

    ReplyDelete
  5. Iya yah... aku jg sering mikir, org2 yg berjuang utk pny anak itu pasti berat banget. Kalo pas ketemu sama yg akhirnya berhasil, rasanya bener2 ikut gembira, secara udah ngerasain punya anak itu sungguh sebuah berkat :)

    ReplyDelete
  6. Hallloooo mom Faith & Daniel, makasih ya udah baca dan kasih review buku kita, salam kenal dari bundanya Aira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx u bundanya aira uda berkunjung dan uda pilih aku jadi pemenang harapan hehehe

      Delete