Wednesday 27 November 2013

Faith 34 bulan


Sebenernya banyak kerjaan di kantor, tapi banyak juga cerita yang mau diceritain di blog.. keburu takut lupa..

Stats
Faith udah 34 bulan tanggal 17 kemarin, waktu imunisasi dede aku sekalian imunisasi-in dia typhoid..
Ini imunisasi terakhir untuk waktu yang cukup lama.., umur 5 taun baru imunisasi lagi..
Benernya udah mau imunisasi typhoid dari kapan2 cuman suka abis vaksinnya di RS..
Berbeda dengan imunisasi2 sebelumnya, kali ini si Faith agak takut.. sepertinya dia masih inget imunisasi dia terakhir (sekitar 1.5 bulan yang lalu), Hepatitis A yang kedua..
Begitu sampe di RS aja dia langsung bilang, Faith gak mau diperiksa...
Ditimbang dan diukur beratnya ga byk berubah, 12.5kg, tingginya lumayan 96cm, bentar lagi 1 meter.. :)
Oh ya lucunya abis diimunisasi kan kita jalan2 ke Kokas, si Faith biasa2 aja jalannya, eh pas lagi dirumah dia liat bekas suntiknya terus jalannya bisa jadi pincang2 gitu lho.. katanya sakit...
Terus dia minta bubble tea, kita bilang jalannya biasa dulu, kalo jalan pincang gak dikasih.. , eh bisa dong dia jalan biasa hehehe.. dasar kecil2 dah bisa manipulasi

School
Di sekolah, seperti yang pernah aku tulis disini Faith masih dibilang moody..
Kata gurunya, some weeks dia bisa bagus sekali, mengikuti pelajaran, makan juga cepet dan habis, tapi in other weeks dia bisa bengong2, gak mau kerjain worksheet, makan diemut...
Kalau dari pembicaraan aku sama gurunya sih sepertinya Faith mungkin akan disuruh mengulang kelas.. karena faktor umur, dibilang Faith belom ready.. kalo dipaksakan naik nanti kasian Faith-nya dan gurunya
Menurut gurunya Faith bisa mengikuti, malahan lebih cepat menangkap dari temen kelasnya yang umurnya lebih tua setaun dari dia, tetapi moodnya belom stabil dan masih kepingin main.

Ada jg temen sekelasnya yang 4 bulan lebih muda dari Faith, dan dia juga sama kayak Faith masih kepingin main. Kebetulan anak ini ortunya guru juga, jadi lebih sering diskusi sama gurunya Faith.
Masa kata mamanya kalo Faith naik kelas, dia maunya anaknya naik kelas juga.. hehehe
Menurut aku gak usah begitu ya, kalo misalnya anak dia naik kelas Faith gak naik kelas juga aku gak apa2.. soalnya kan naik gak naik tergantung dari individual anaknya.. bukan karena seumur yang satu naik yang satu harus naik..

Terus terang aku gak ambisi Faith bisa ini itu...
Tujuan aku sekolahin Faith cuman untuk main2 isi waktu sama sosialisasi dengan dunia luar.. kalo misalnya bisa mengenal huruf atau angka yah bisa dibilang bonus.
Tapi sepertinya kurikulum di sekolah ini termasuk berat... apalagi di kelas berikutnya, katanya dipersiapkan untuk SD, jadi harus bisa baca tulis sepertinya..
Kalo kayak gini aku jadi berpikir apakah aku menyekolahkan Faith di sekolah yang tepat
Tapi katanya SD jaman sekarang memang menuntut anak udah bisa baca tulis sebelum masuk

Aku juga gak kenapa2 kalo memang Faith harus mengulang, tapi aku takutnya Faith bosan dan malahan tambah worse. Belum lagi masalah rasa percaya diri.. gak tau apa dia udah ngerti apa belum, tapi mungkin dia wondering kenapa temen2nya udah di K4 dia masih di nursery..
Mungkin kalo dia harus mengulang aku mau pindahin Faith aja.. tapi bingung juga takut masalah adaptasi lagi

Mood
Kalo dulu sebelum punya anak kalo liat ada anak kecil yang nangis2 di mall terus mamanya bisa kasih straight face dan pura2 gak dengerin aku suka gemes.. itu anak annoying banget kok mamanya gak bisa diemin sih. Cuman sekarang aku maklum, mamanya lagi mau teach anak itu a lesson.. dan dia juga ga mau mempermalukan anaknya dengan marah2in dia in public.

Faith sekarang mulai sering nangis2 kalo dia mau sesuatu gak diturutin.. kadang dia bisa cengeng banget..
Kadang aku dan Toma bisa gemesss bangetttt... tapi ya berusaha ignore..
Aku juga ternyata bisa juga kejam membiarkan dia nangis2... padahal dalam hati hatiku gak tega dengernya.. well ini untuk kebaikan dia nanti, supaya dia tau bahwa gak semua keinginannya harus langsung dipenuhi, kadang dia harus menunggu, kadang memang itu gak baik buat dia..
tapi untungnya so far kalo in public atao ada orang lain dia kayanya malu, jadi jarang ngambek in public..

Pretend play
Faith masih suka main masak2an, atau jual2an..
Dia suka nanya aku mau makan apa, sambil bawa notes gitu (kayak waiter di restoran)..
Terus nanti dia masakin terus kasih.. abis gitu disuruh makan, minum hehehe
Atao pura2 ke supermarket, kalo ditanya beli apa, dia bilang beli susu, ayam, anggur..

Sok kasih nasehat
Anak2 emang peniru ulung ya.. sekarang mesti hati2 kalo ngomongin dia, karena you never know when it will be used against you hehehe
Kaya misalnya kalo papanya nyetirnya agak ngebut dikit, pasti dia bilang "Papa jangan gitu dong!"
Atau pas kita semua mau tidur dia liat papanya belom sikat gigi dia bilang "Papa belom kas gigi.. nanti ada uletnya lho.."
Atau pas papanya lagi tiduran aku suapin jelly, dia bilang "Papa makannya jangan sambil tiduran, ayo duduk.."
(btw kok kebetulan papanya terus yang ditegor ya hihihi)

Toilet training
Toilet trainingnya udah bisa dibilang berhasil kecuali saat malam hari..
Sekarang masih aku pakein pampers.. belom coba lagi... PR deh

Suka becanda
Faith suka godain papanya bilang "aku gak suka papa.."
Terus papanya bakal pura2 nangis
Terus Faith bakal senyum2 seneng terus bilang "nangis ayo nangis.." -> kejem ya hehe
Cuman dia sweet juga, kalo sebelum tidur dia suka bilang "Aku sayang papa, aku sayang mama.."
Atao bilang "mama sayangku, papa sayangku.."

Ohya Faith bulan ini ikut mama jalan2 lho... kira2 ada yang bisa nebak gak jalan2 kemana dari foto ini (hint: masih di Asia) hehehe ...nanti ya ceritanya... :)

8 comments:

  1. Faith cantik banget & tambah pinter yaaa... Tetep semangat ngajarin Faith ya Mami hihihi :)

    ReplyDelete
  2. Ke Korea yaa??? :D :D

    Btw Bon, beneran itu kurikulum sekolahnya Faith thn depan utk persiapan masuk SD? Bukannya masih setara PG B which is persiapan masuk TK ya? Wah kalo bener, berarti emang berat ya?

    Iya nih, di dsa langganan juga sdh bbrp bln vaksin typhoid kosong jd aq blm bs vaksinkan alice sampai skrg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benerrr :) kok tau yah hihihi
      bukan Mayo, ini untuk masuk TK doang, tapi nanti di TK yang tahun keduanya udah disiapkan untuk masuk SD..
      iya kenapa ya vaksin typhoid suka kosong? cuman selama belom banyak jajan2 masih aman sih harusnya ya..

      Delete
    2. Hmm...kalo gitu mnrtku itu gurunya Faith too early nge-judge Faith perlu ngulang kelas. Ini kan baru term-1, masih ada 2 term lagi. Anak umur 3 taon mana sih yg gak kepengen main, kalo mau belajar terus gak mau maen malah ortunya kudu parno atuh :)

      Delete
    3. sebenernya at the end gurunya juga bilang ini masih baru 2 term, masih ada term 3 dan 4.. yah kita liat nanti. aku sih personally gak ambi harus naik karena kan umurnya masih kurang, yang penting faithnya happy dulu lah..

      Delete
  3. Buset deh itu mamanya temennya Faith, ambisius banget ya. Padahal kalo emang anaknya belum siap ya masak dipaksain ya. Mudah-mudahan Faith seneng terus ya sekolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena mamanya temennya faith itu guru disitu juga kali ya jadi dia gengsi dong kalo anaknya ga naik?

      Delete