Monday 10 June 2013

About being a mom

Kapan gitu malem2 pas mau tidur si Toma tanya  ke aku:
T: kamu ngerasa ada perubahan gak sebelum sama sesudah punya Faith?
B: iya lah, berubah banget... sekarang udah ga bisa bangun siang lagi hehehe... , kalo kamu?
T: sekarang berasa lebih ada tanggung jawab..
B: wah berarti dulu ga merasa bertg jwb udah punya istri.. :(
T: hehehe

Kalo dipikir2 jawabanku cetek banget ya, gak bisa bangun siang lagi hehe..
Padahal sebenernya buanyakkkk banget yang berubah...
Sampai sekarang aku masih gak percaya kalau udah jadi mom and soon to be a mom of two...

Kalau mau di list perubahannya (please don't take this as complaints ya..)
  • Ga bisa bangun siang itu tadi hehe
  • Physically: perut penuh stretch mark, puser bentuknya gak kembali semula..
  • Hampir ga pernah nonton tv lagi.. paling nonton pas berkunjung ke rumah mertua yang TV-nya nyala terus, kalau dirumah pun nonton pasti channel anak2 kaya Disney Jr.. Jim Jam, dll
  • Lebih suka shopping barang2 anak
  • Lebih suka browsing website2 parenting atau blog2 sesama ortu atau tempat2 rekreasi anak2
  • Makan sehat, ga pernah beli2 snack2 penuh msg lagi buat stock dirumah, kalau lagi pengen makan yang ga sehat ngumpet2 nunggu anak tidur hehehe..
  • Sering mikir soal masa depan, sekolah anak dan investasi yang dibutuhkan
  • Sering takut tidak bisa jadi orang tua yang baik
Nah untuk point yang terakhir itu.. kemaren Sabtu I had my "moment"..
Entah kenapa si Faith dari Jumat malemnya udah agak "difficult"...
Mau ini itu terus kalo ga diturutin nangis...
Mungkin karena udah ngantuk, tapi masih mau main atau efek dari kita yang abis dengerin cd parenting yang bilang kalau anak itu harus nurut sama ortu, dalam sekali ngomong (ga usah berkali2).. dan in reality Faith gak gitu.. jadinya kt stressed out..
Atau karena Faith lagi dalam fase Terrible two..
Atau ditambah hormon kehamilan yang bikin emosi gak stabil
Pokoknya aku mewek di kamar mandi.. hehehe
Aku takut banget gagal mendidik Faith, takut banget dia jadi anak yang ga nurut orang tua..

Sebagai seorang phlegmatis, aku ga suka konfrontasi.. aku lebih suka damai, ngalah aja.. pake cara halus
Cuman kalau gini katanya nanti jadi dibully sama anak..
Terus kalau dibiarin gak dikasih tau kan sama aja aku yang salah..
Namanya anak2, pasti semua egocentric.. kita sebagai ortu yang harus kasih tau boundaries2..

Aku suka bilang ke Toma, padahal Faith ini termasuk anak yang baik compared to kids seumur dia pada umumnya..
Terus Toma bilang ya kita hrs liat keatas.. jangan liat kebawah terus.. nanti kita terlalu santai..

Temenku cerita dia pukul anaknya pake rotan.. pukulnya gak kenceng2.. cuman ditempelin aja ke kaki anaknya udah nangis kejer, cuman untuk bikin anak disiplin..
Aku sempet pikirin method itu.. karena karakter anak terbentuk sekitar 7 tahun pertama dalam hidupnya, jadi the earlier we start the better..
Tapi aku sendiri ga dibesarkan dengan cara itu..
Dan lagi setiap anak beda2 ya..

Lucunya kemarin si Toma suka bilang
T: Faith, mau papa cubit?..
F: iya.., mau *sodorin kaki*
T: *cubit*
F: *mewek*
ini kejadiannya berkali2..
Entah dia lupa kalo dicubit sakit ato gimana..
Abis itu dia bilang "ga nurut.. mm papa marah...mm cubit..."

Aku hanya bisa berdoa.. semoga kita berdua bisa menjadi orang tua yang bijak dan bisa mendidik Faith dan adenya nanti.. , amin.

14 comments:

  1. Aminnnnn


    Nonikhairani.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Emang jadi orangtua itu tanggung jawabnya besar ya. Aku juga takut banget lho nggak bisa membesarkan dan mendidik madeline dengan benar. Dan banyak ketakutan-ketakutan lain sih. Moga-moga terus dibimbing sama Tuhan supaya bisa membesarkan anak dengan bijak ya Bon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener ngel.. tanggung jawab besar banget..

      Delete
  3. wah aku jg lagi ada PR mendidik anakku spy ga main ludah nih.. setiap ketemu org anakku suka emprut2 mainin mulut nya pake ludah gt.. jorok banget.. baru permasalahan sepele gini aja aku udah agak2 stres nih, bingung ngajarinnya gmn spy ga gitu.. dibilangin "NO, GA BOLEH" sambil tutupin mulut dia pake jari kita tiap kali dia emprut2an, belom berhasil nih.. suamiku sampe sentil mulut dia tiap begitu.. tp anaknya ga berasa sakit juga,, jd cuek bebek en tetep bgitu hikss.. any idea ga utk didik anak ky bgini? hahhaha #malah ngasi PR ke kamu jadinya hahhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 sabar aja dibilangin terus.. nanti dia lama2 ngerti harusnya.. dulu faith suka ngemut jari, terus tiap kali ngemut aku copotin jarinya, terus tau2 dia ga ngemut lagi.. moga2 berhasil yaaaa

      Delete
  4. Iya sih, jadi orang tua itu gak gampang yah :( Tapi please jgn pernah didik anak pake rotan atau kayu atau apapun itu yg berbau kekerasan. Percayalah itu akan membekas dihati anak sampai gede *curhat nih ceritanya..haha*..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh begitu yah.. aku juga ga tega sih, katanya apapun itu jangan sambil emosi..

      Delete
  5. emang jadi ortu itu selalu dilema kok ya. mau dikerasin takut salah, mau dilembutin, takut salah juga. hahaha. yah mau gak mau emang mesti rada dicoba2, mana yang paling pas buat anak kita....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dilema.. :) terus belum lagi anak yang satu sama anak yang satu lagi karakternya beda2 jadi ga bisa disama-ratakan.. banyak2 berdoa aja deh..

      Delete
  6. Wah been there, done that.
    Gw pas hamil juga sempet rasain kok Dea tuh susah banget dibilangin, sampai terus mikir, apa bener mitos kalao mamanya hamil, anaknya jadi susah dibilangin, apa ngiri, apa jangan-jangan emang tanpa disadari gw emang ada perubahan ke dia, yang bikin dia merasa 'beda'.. semuanya kadang ujungnya bikin kita nangis :)

    Jadi ortu emang gak gampang, ortu kita keliatan aja dulu didik kita gak liat web parenting, gak baca buku atau majalah pengasuhan anak, gak ikut milis etc etc, tapi pasti mereka juga merasakan kesulitan dan kebingungannya sendiri. Di luar gimana mereka membesarkan kita, kita pasti merasa merekalah ortu terbaik yang Tuhan kasih sama kita.

    So, gw berpegang sama itu aja, jalanin aja jadi ortu semampu yang gw bisa, kalau emang gak tahan emosi mau marah ya marahlah, daripada jadi keriput *alasan aja pdhl emg udah tua nih hiks*.., kalau mau peluk ya peluklah kasih kissy kissy gak usah gengsi atau jaim tunjukin rasa sayang kita, intinya bersikap jujur aja ke mereka.
    Gak lupa ya tetep berdoa, semoga dikasih kekuatan membesarkan titipanNya.

    Anyway, gw baru tau loh elu lagi hamil, sehat-sehat terus yah say sampai delivery!


    ReplyDelete
    Replies
    1. hi thank you ya :) g sampe mewek baca comment lo hehe..
      jalanin aja ya..

      Delete
  7. Toss dulu Bon *hugs*, aku juga sering nggak yakin kapan hrs "keras" kapan harus let go sama Alice :( Kadang kalo pas liat dia lagi susah banget dikasihtau jd ngerasa gak berhasil jd ortu...

    Trus ttg bgm mendisplinkan anak itu katanya yg bagus adl metode disuruh berdiri di pojokan selama bbrp menit kayak nanny911 gitu? Nggak tau juga belum pernah nyoba...

    Btw, kalo aku biarpun sdh pny anak kok masih tetap bisa bangun siang ya? hehe.. *dasar emak2 pemalesan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya time out ya? aku juga belom pernah coba sih..
      si Alice bangun siang juga ya? hehehe enak dong :)

      Delete