Tuesday 16 October 2012

How we got her

Flash back waktu kita pertama married.. tahun 2006, 6 tahun yang lalu.. (dah lama juga ya?)
Waktu itu kita decided buat menunda kehamilan dulu.. alasannya ya klise, karena mau cari duit dulu, mau jalan-jalan dulu.. yah emang kita tergolong married muda.. aku 24 tahun, Toma 27 tahun.. (tp penampilan wise aku 20 tahun, Toma 17 tahun?? hehehehe!)

Banyak orang bilangin kalo ditunda nanti pas mau dapet susah lho..
Terus nyokap jg bilang, at least satu dulu lah..
Tapi ya apa mau dikata.. aku terus terang belum siap..
I'm not good with children.. gak punya adik dan gak punya ponakan..
Kaku banget deh kalo disuruh gendong2 anak..
Gendong bayi apalagi, pasti ga mau.. takut ntar bayinya kenapa2..

Jadi setelah first year anniversary, kita decide untuk trying to conceive.. tapi ya masih santai2 aja..
Eh tapi kok ga hamil2 ya??
Terus seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak orang yang nanyain.. "kapan punya anak?" "emang masih menunda atau ada masalah?" dll dll..  dan semakin waktu berlalu pertanyaan2 itu jadi makin annoying..

Sebenernya gak salah juga sih orang nanya gitu, namanya orang basa-basi.. ya pasti pertanyaan standar yang dilontarkan..
Kalau masih pacaran pasti ditanya "kapan merid?" (sampe ada iklannya yang dijawab mei, meibe yes meibe not.. hehehe)
Kalau udah merid pasti ditanya "kapan punya momongan?"
Ntar kalo udah punya anak satu pasti ditanya "kapan nambah lagi nih?" dst dst..
Tapi ya namanya lagi pengen tapi belom bisa pasti jadi sensitive dengan pertanyaan2 itu.. ibaratnya kayak luka disiram alkohol gitu..

Sampai kadang aku berpikir ya kalo gak punya anak juga gak papa lah..
Mungkin emang udah jalannya..
Tapi pressure hidup di Indonesia itu tinggiii banget soal keturunan..
Kalo udah merid pasti harus punya anak.. kalo ga punya anak itu rasanya kasian gitu...
Padahal di luar negeri byk pasangan yang chose not to have kids.. and they live happily ever after.. kayak Cinderella gitu.. hehe ga pernah diceritain kan Cinderella hamil??


Namanya orang sok cool, kalo didepan orang2 ya kesannya gak pusing soal masalah anak.. tapi kalo lagi sendiri sedih deh..Tiap bulan rasanya sedih tiap kali dapet tamu bulanan..
Pasti temen2 yang menunggu datangnya anak pernah ngerasain hal yang sama deh..

Tahun demi tahun berlalu sampai banyak temen2 yang married-nya setelah kita udah langsung punya anak.. entah kenapa di tahun2 itu banyakkkk banget temen2 kita yang hamil dan melahirkan..
Ikut gembira sih, tapi kadang sedih juga kalo denger berita si anu hamil, si dia hamil.. kok aku gak ya?

Anyway akhirnya kita memutuskan buat coba test2 (sptnya di taun ke 3 pernikahan ya)...
Dari hasil googling pergilah kita ke dr Otamar di Sammarie Jl Wijaya..
Beliau menerangkan kira2 faktor apa aja yang bisa menghambat orang punya anak..
Aku lupa apa aja, tp intinya kalo cowo ya kualitas sperma-nya, tapi kalo cewe lebih kompleks.. ada sel telurnya (yang ditentuin sama hormonnya), posisi rahimnya, terus saluran telurnya.., terus ada antibodinya, terus apalagi ya.. banyak deh.. hehehe...

Beliau santai sih setelah usg, dibilang aku stress mungkin (apalagi pas dia tahu aku kerja dimana waktu itu hehe), terus katanya sel telur-nya kecil2.. jadi aku diresepin vitamin antioksidan (lupa namanya apa).. trus kita berdua disuruh test ina itu..

Hasil test menunjukan sperma Toma jumlahnya cukup, tapi gerakannya gak lurus.. (belok belok ya hehhehe).. dia lalu dirujuk ke Andrology dan diresepin vitamin.. (lagi2 lupa namanya) ..
Sementara aku dibilang antibody-nya terlalu tinggi, jadi badannya menolak benda asing termasuk sperma..
Disuruhlah kita terapi PLI.. darah putih suami disuntikkan ke istri (dibawah kulit).. untuk lebih jelasnya bisa click disini..

Ohya aku juga menjalani test HSG jadi yang saluran tuba fallopinya difoto untuk tahu ada penyumbatan apa gak.. (buat lebih jelasnya bisa klik disini). Gak sakit sih, tapi sangat gak comfortable hehe..dr nya dr Sandra yang di lab Biotest Menteng ya..

Setelah terapi PLI 3x, Toma gak mau ke dokter lagi untuk cek gimana hasilnya, dia cuma bilang kita pasti bisa hamil tahun 2010 (mungkin karena miris jg bayarin biayanya hehehee)
Jadi di 2010 benar2 udah gak ke dokter atau minum obat apa2 lagi..kita cuma berserah dan berdoa aja..


Kita cuma mencoba minum jus wortel.. setiap hari selama 3 bulan, jd tiap pagi kita  bangun lebih pagi buat bikin jus hehe pdhal biasanya bangunnnya mepet sampe ga sempet makan pagi :)

Resep jus wortelnya cuma 4 wortel impor dan 1 buah apel.. gak pake tomat soalnya ga suka hehehe...gak pake air dan gula lagi, rasanya enak kok :) bikinnya pake juicer dikasih mamaku hehe ga modal ya...

Temen2 pd menyarankan untuk ke dr lagi dan coba inseminasi, tp aku bilang, ya mungkin emang gak meant to be ya udah, kita berdua aja juga ga papa, jadi udah pasrah aja, walaopun masih terus berdoa dan ngarep sih (sok tegar dihadapan temen2 hehehe) ...

Lalu bulan May 2010 akhir saatnya dapet, ada keluar flek2 gitu dan seperti bulan2 sebelumnya, aku pikir yaah aku dapet mens.. (inget banget saat itu lagi di Blitz GI mau nonton hehehe) tp stlh bbrp hari fleknya ilang... terus bbrp hari berikutnya pusingg banget, sampe dikerok tp ga ilang2,.. pas mao minum obat dibilangin jangan sama Toma takut hamil... terus entah kenapa pas lagi berdoa, aku bisa bilang terima kasih Tuhan buat anak yang telah Kau berikan.. hehe pdhal belom tau udah hamil... :) mungkin ini yang namanya faith ya.. 

Akhirnya pas telat 10 hari aku test pack dan garisnya langsung 2!!! senangnya luar biasa..
Inget waktu itu pagi2 pas bangun tidur, Toma lgs ajak berdoa buat say thanks to God..

Oh ya terus aku inget banget pas itu dateng ke kawinan temen, dia tanya "kapan punya momongan?" terus aku bilang "kamu duluan lah.."
Bener lho lidah itu berkuasa.
Gak lama setelah itu dia hamil.. dan aku hamil sekitar 2 bulan setelah anaknya lahir..
Untung dia cepet punya anak, kalo gak gimana ya??
Jadi mulai sekarang harus ati2 jaga omongan nih..

Pas ke dr di week ke 7 (krn kata mamaku ga usah ke dr buru2..) udah bisa dengar detak jantungnya, rasanya terharuu...

Ada beberapa kejadian saat hamil yang bikin deg2an selama hamil Faith: 

  • pas week ke 8 aku sempat keluar flek2 jadi disuruh bed rest..., aku sempet takut kalau terjadi apa2 sama babynya tapi Toma terus kuatin, dan bilang kalau kita harus percaya kalau Tuhan  sudah memberi, Dia juga yang akan memelihara ... dan bener sih abis bed rest seminggu itu, abis gitu udah gak ada flek lagi..
  • trus pernah suatu hari (lupa week berapa kynya masih trim pertama) dr Obygynku, dr Aswin Sastrowardoyo (omnya Dian Sastro hehe), bikin deg2an.. Jadi kita kan pasien pertama hari itu, terus pas giliran periksa detak jantung, kok ga ada suaranya.. Terus muka dia keliatan panik.. aku juga panik dong... ,eh ternyata alatnya belom dinyalain donggg hehehe.. 
  • berat badan Faith kecil dan pernah sempet ga nambah dari last check up.. jd kt dr Aswin disuruh minum glucolyn.. semacam gula gitu.. terus ktnya kalo ga nambah juga mungkin harus segera dikeluarkan babynya, karena mungkin rahimnya udah ga kondusif untuk perkembangannya.. serem yaa.. tapi thank God minggu depannya udah nambah.. mungkin ini efek dari kerjaku yang sering lembur2 dan sempet pulang jam 12 malem! 
Faith lahirnya sampe maju 2 minggu..  
Tadinya mau ambil cuti mepet deket2 31 January 2011, perkiraan Faith lahir..
Tapi pas masuk January kayanya badan udah cape banget..
Jadilah mulai cuti tanggal 17 January 2011 (Senin), Sabtunya tgl 15 January masih kelarin belanja keperluan baby di Giant (pelajaran buat ibu2 hamil jangan belanja last minute, berat bawa perut gede jalan2)..
 eh beneran seninnya tgl 17 January 2011 Faith lahir !!
That's how we got her...(panjang yak?)...
Oh ya disini aku pernah cerita why we named her Faith Josephine..



Faith fresh from the womb :)

8 comments:

  1. eh iya lho bener toma keliatannya masih muda banget... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe lebi muda dr gua ya? hiks2.. pdhal udah di fur 3 taun ehhehe

      Delete
  2. Huaaa.. aku lagi merasakan pengalamanmu yang ini...
    "Namanya orang sok cool, kalo didepan orang2 ya kesannya gak pusing soal masalah anak.. tapi kalo lagi sendiri sedih deh..Tiap bulan rasanya sedih tiap kali dapet tamu bulanan..
    Pasti temen2 yang menunggu datangnya anak pernah ngerasain hal yang sama deh.."

    Kemarin sempet telat beberapa hari, udah deg2an seneng.. tapi ternyata belum dikasih juga.. :( sedih aja rasanya.. *jadi curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bebe.. sabar yaa.. nanti pasti indah pada waktunya.. sekarang rajin2 minum dan makan sehat.. yang banyak antioksidan hehehe.. :)ciayo!

      Delete
  3. Hi, tahun lahir Faith mestinya 2011 yak? :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya benerrr.. wah kok bisa salah yaa.. thank you.. -> lgs diupdate deh

      Delete
  4. seneng bacanya ^^ akhirnya indah pada waktunya yah :)

    ReplyDelete