Tuesday 30 October 2012

Bermain bersama anak2 Panti Asuhan

Sejak punya Faith, sekarang kalau liat anak-anak terlantar di jalan rasanya hati ini miris.., kasian banget anak masih kecil-kecil pada bertelanjang kaki, kadang keujanan, cium debu dan asep.. jadi pengamen, jual koran, dll..
Belum lagi ibu2 yang mengemis dengan menggendong anak dengan harapan dikasih lebih..
Mungkin karena kejamnya ibukota (lebih kejam dari ibu tiri), membuat mereka gak ada pilihan lain, gak bisa jaga gengsi atau apa.. memilih untuk mengemis.. ah ga ngerti juga.. gak boleh nge judge juga.. mungkin kalo kita jadi mereka juga bisa jadi membuat keputusan yang sama??

Anyway, jadi kemarin hari Jumat kita ngajak Faith ke Panti Asuhan Yayasan Tuhan Gembalaku. Selain kita bertiga juga ada temen kita Brian yang ikutan kesana.
Rencananya pingin mengajarkan kepada Faith bahwa kalau kita dikaruniai kecukupan, itu harus kita salurkan ke orang2 lain yang lebih membutuhkan.. bukan untuk dinikmati sendiri..

Hanya ada 11 anak yang berada disitu, dari bayi berumur sebulan sampai yang sudah berumur 16 tahun. Tapi pas kita kesana kemarin ada 2 anak, Irma (12 tahun) dan Ghea (16 tahun) yang lagi ikut retreat gereja jadi gak ada disitu.

Pas kita datang disambut sama anak2.. yang bukain pintu si Echa (jalan 15 tahun).. terus ketemu sama Ibu Alce yang dipanggil mami sama mereka semua.  Sementara Ibu Lili (dipanggil oma) yang selama ini jadi point of contact belum datang...

Acaranya:
1. Arts and Craft
Sebelum kesana kita udah mikirin mau bikin acara apa.. secara aku dan Toma gak biasa ngadepin anak2... Takut acaranya garing gitu... Tadinya mau bikin permainan dulu, tapi sampe disana kok kynya keadaan gak memungkinkan, jadi kita memutuskan untuk langsung bikin ikan-ikanan dan kura-kura dari piring kertas. Dasar orang suka menunda2, malem sebelumnya kita jadi bergadang buat bikin contohnya (sayang aku lupa foto).. hehehe..

Lucu juga anak2 itu.. yang paling aktif si Joy (4 tahun) dan Daniel (10 tahun). Kalau yang cewek2 pada malu2 hehehe.. gak banyak suaranya, sementara yang kecil2 (Peter dan Aksel, sama2 3 tahun) masih belum terlalu ngerti ya.. malah spidol sempet dimakan sama si Peter... (maap ya semoga ga apa2), trus pas ditengah-tengah acara mereka ngantuk dan bobo. Mereka anak baik2 banget, cuman dikasih botol susu terus ditaroh di box-nya mereka bisa bobo. Padahal box-nya itu letaknya di tempat kita main-main juga, jadi berisik banget kan?

Baby David (1 bulan) juga bisa tidur pules di box sementara kita berisik2, dia cuman nangis kalo laper minta susu..

ini baby David lagi dikasi susu di box-nya
Faith gimana?
Sebelum kemari aku sempet takut Faith bakal minta digendong terus atau ngajak jalan2 keluar..
Sempet sih dia ngajak jalan ke taman, terus aku tutup pintunya hehe..
Tapi dia cukup anteng sih main2 pake cet air.. malah dia ikutan menghias ikan juga, dan jadi kreatif mencat kaki dan tangannya juga hehehe...

anak2 serius bikin ikan dan kura2 :)

Dan ini hasilnyaa.. taraaa!!

pada kreatif, ikan pake topi..

cakep2 ya karya mereka?
2. Tiup lilin dan foto2
Kebetulan Tabita berulang tahun ke 7 dibulan October ini, jadi hari sebelumnya Toma udah beli cake buat acara tiup lilin. Sebenernya Irma juga ulang tahun, tapi karena Irma sedang retreat, kita tiup lilin untuk Tabita aja. Tapi pas disana kata Ibu Lili, kuenya mau disimpan buat tiup lilin lagi untuk Irma.. -> aku jadi gak enak, harusnya beli 2 kue ya??

Tabita ini manis sekali ya?

Foto bersama

Sama dede David and Brian

Setelah nyanyi lagu happy birthday, tiup lilin, berdoa (lead by Echa) dan foto bersama.. aku ngeluarin photo booth props buat another foto-foto session lagi hehehe.. sayangnya hanya Daniel, Joy, Caca (Gracia) dan Ina yang berfoto karena Tabita dan Echa udah malu.. sementara David dan Aksel lagi bobo..
Photo booth props ini aku download dari sini.. terus ngeprint di kantor Toma (hehe), abis gitu ditempel pake stick balon.

Bajak laut berkumis and cowboy berkacamata hehehe


Princess and Bunny in bow tie

Rencananya foto2 ini mau aku print terus dibingkai buat mereka simpen..
Ada ide gak ya dibuat apa yang lebih kreatif gitu? buat keepsake mereka..

3. Makan siang bersama
Karena perut udah laper kita lalu lanjut dengan makan bersama..aku pesen Hokben aja biar gampang :)
Daniel dan Joy memimpin doa makan.. si Daniel ini doa-nya pake bahasa Inggris lho hehehe..
Disini si Peter udah bangun dan ikut makan bareng..
Anak2 ini pinter2 deh, makan sendiri dan makannya abis semua.. malahan pada abis nasinya dulu.. :)
Trus si Joy ini sempet beberapa kali menggumam "mmm.. nyam2" gitu deh kayanya enak banget gitu kali?

Akhirnya ada juga foto sama Ibu Lili (yang ditengah pake kemeja)

Setelah makan siang bersama, aku ngobrol-ngobrol sama Ibu Lili sementara anak-anak cowo pada main-main... si Faith duduk dipangkuanku terus ketawa2 ngeliatin mereka main, tapi ga berani ikutan main hehehe...

Habis gitu sebelum pulang kita bagi kado ke tiap anak.. Aku dah siapin kado masak2an buat Joy, kirain yang namanya Joy itu cewek hehehe, untung bawa serep botol minum Sponge Bob..

Mudah-mudahan mereka happy.. dan kadonya bermanfaat ya..
Oh ya thank you juga buat Heny yang uda ikut menyumbang untuk acara ini, kiranya Tuhan yang membalas kebaikannya ya..

Pengennya bulan depan dateng lagi buat ngerayain ultahnya Aksel..
Si Toma sih usul mau ngajakin anak2 ke Taman Mini.. biar ga bosen dirumah doang.. tapi mungkin susah juga karena hari Sabtu mereka masih sekolah dan hari Minggu mereka ke gereja.
Well let's see deh..

10 comments:

  1. Wah, mantap sis...finally, misinya tercapai juga ya, berjalan dengan baik & lancar. Anyway,thank you juga yach sudah boleh ikut berpartisipasi, i'm so blessed! Ya kita doakan agar semua anak2 panti boleh terus Tuhan pelihara dan memperoleh masa depan yang baik, amin. GBU all! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Bri.. kalo next time mau pergi lagi ikutan lagi yaaa

      Delete
  2. waaaaa very nice... :)
    pasti anak2 pada seneng semua ya.... :)

    ReplyDelete
  3. waaa... asik banget yaa mereka juga keliatan seneng banget :)

    ReplyDelete
  4. Dear Bonnita, Aku percaya apa yang kau lakukan membuat mereka merasa diperhatikan dan dikasihi. Keep doing it ^^.

    ReplyDelete
  5. Very sweet! Suka sedih kalo ngelihat bayi di panti asuhan apalagi sekarang setelah punya baby. Nanti kalo Madeline udah gedean, aku juga Mau ajak ke panti asuhan sekali2 biar bisa berbagi sama teman2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitu punya baby sendiri langsung kerasa yaaa.. ayo2 ajak Madeline ya.. :)

      Delete