Thursday 18 September 2014

Sedikit curhat

Disclaimer mungkin postingan ini bakalan ngalor ngidul ga keruan.. hehe..

Kemarin malem baca postingan ini : Motherhood Monday: Justine Tedjasukmana“Being Stay at Home Mom is Not A Sacrifice, It’s A Privilege!” jadi berpikir lagi untuk kesekian kalinya how I envy the stay at home mom.

Nah, kalo lo mau kan juga bisa Bon?
Mungkin aku masih belom punya nyali buat mengambil keputusan itu.
Banyak pertimbangan yang belom bisa aku selesaikan..
So I am doing the best I can right now.

Mungkin for some people..terlalu lebay...
Setiap hari aku mikirin gimana masa depan anak2.
Apakah aku bisa mendidik mereka dengan baik?
Apa aku udah masukin ke sekolah yang tepat?
Apa aku udah kasih cukup waktu buat mereka?
Sampai diusahakan pagi2 mau anter sekolah sebelum kerja, kalau malem pasti main dan tidurin mereka sendiri, even kalo Toma lagi keluar kota, sendirian, kalau weekend pergi2 gak ajak suster, mau pergi2 tanpa ngajak anak merasa bersalah.. , baca buku parenting ini itu.., browsing ini itu.. dll..
Mungkin ini belum seberapa dibanding pengorbanan ibu2 lain.. tapi ya I'm doing the best I can..

Kemarin ngotot mau anterin Faith pergi field trip sampai nyokap bilang kamu takut ya kalo anak2 dekat sama mama?
Doeng.. comment nyokap tentu aja bikin aku berpikir... memangnya segitu lebay-nya ya  aku?
aku senang kok kalo anak2 dekat sama oma-nya.. aku cuman banyakin waktu ketemu Faith aja...

Most of the time anak2 mau sama aku..
Tapi mungkin kemarin Toma sempat ke luar kota 3 minggu, anak2 kangen...
Kemarin aku udah mikirin mau bikin game buat Faith..
Eh pas sampe dirumah dia bilang mau mainnya sama papa aja.. sebel juga rasanya.. dia enak2an aja, tapi anak2 mau sama dia ... hehehe

Aku suka sama yang Justine bilang, jadi ibu ideal itu adalah ibu yang ikhlas, ikhlas aja kalo udah cape2 ternyata anaknya mau sama papanya atau oma-nya atau susternya.
Ikhlas melakukan semua dirty works: mandiin, nyuapin, lap ompol, bersiin pup, muntah dll..
Ikhlas bangun malam-malam untuk nyusuin
Ikhlas bangun pagi-pagi padahal malamnya bergadang..
Ikhlas gak menuntut balasan..

Seperti yang Justine bilang: janji saya sih kalau anak-anak sudah besar, nggak mau sampai keceplosan nuntut, “Dulu kan mommy sudah begini-begini untuk kamu, sekarang kamu harus begini dong... "
Ini bener banget.. , aku juga berjanji gak mau ngomong begini..
Karena anak kan tidak minta dilahirkan...
Dan memang tugas kita sebagai ibu untuk repot.
Kalau gak mau repot ya gak usah jadi ibu.

Soal masa depan, aku juga ga mau menuntut anak2 harus urus atau biayain kita..
Kita akan menabung sendiri untuk masa pensiun kita..
Yang penting mereka happy dan berhasil meraih cita2nya ..

Lalu soal iri sama stay at home mom?
Pas banget hari ini temen saya tulis status di fb (ini aku rangkai kembali, gak plek2 dari statusnya): jangan compare diri sendiri sama orang lain, karena setiap orang diciptakan unik oleh Tuhan. Lebih baik compare diri sendiri sekarang sama diri sendiri di masa lalu, apakah kita telah menjadi orang yang lebih baik.

So that's what I am going to do for now.
Sambil terus2an berdoa supaya Tuhan tunjukan jalan yang terbaikk...
Amin.



 

12 comments:

  1. iya setiap orang beda2 situasi dan kondisinya ya.. emang gak perlu dibanding2in ama orang lain :)

    ReplyDelete
  2. Setiap ortu pasti akan berusaha yang terbaik bagi anak2nya, kadang kita kebanyakan kuatir ini itu yah...but don't let worries take away your happiness :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul Fel.. choose not to worry.. trust in God aja hehehe

      Delete
  3. Dont worry too much. But I think your galauness is normal Ci (a lil bit hehehe). Aku sahm. Kadang jg binun apa aku uda kasih yg terbaik, suami dukung aku kalo ak adalah the best mom (cieh). Tapi kdg kegalauan itu jg kepikiran. Tapi as long as kita uda do our best and God will take the rest. Loh, kalo menurut aku keren donk anaknya inget bapaknya, mau maen ama bapaknya. Berarti ada ikatan batin antara keluarga. Aku sih kayak nonton filem drama komedi kalo anakku maen sama papanya. Hepi jg terharu. Jia you ya. Anak2 Cici look happy and hmm montok Danielnya hehe.

    ReplyDelete
  4. Sama lah Bon, aku juga selalu bertanya-tanya apakah sudah jadi ibu yang baik untuk Madeline, istri yang baik untuk Diaz?

    Bener katamu harusnya selalu membandingkan diri dengan diri sendiri di masa lalu.

    Semoga kita selalu jadi lebih baik ya Bon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amin ngel, semoga kita jadi lebih baik..

      Delete
  5. Ah bener banget yg dibilang Justine dan Bonni. Anak itu bukan investasi ortu! Kalo tujuannya pny anak biar bsk tua ada yg ngurusin kita, picik banget deh. Gak usah disuruh2 berbakti yg namanya anak kalo dibesarkan dgn baik sdh pasti cinta lah sm ortunya...

    ReplyDelete
  6. bon.. sptnya kegalauan mu sama denganku.. iri banget liat stay at home mom tp tetep ga mau give up sama karier di kantor.. rasanya blom siap aja.. banyak pertimbangan yg ngebuat aku masi stay di kantor ini even aku pgn bgt resign, dan tentunya semua pertimbanganku ini jg utk masa depan anak2 dan diriku ndiri :) U are doing your best and i guess faith and daniel know that :) Semoga kegalauan kita cpt berlalu yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita berpelukan hehehe..
      iya aku udah gak galau lagi sih.. setelah disentil hebat sama teman2 hehehe..
      intinya harus mengucap syukur dan berusaha aja semampu kita.. karena walo stay at home mom kalo kita gak banyak quality time sama anak juga percuma..

      Delete