Tuesday 1 July 2014

Faith ke dokter gigi

Belakangan aku kaget pas liat kok gigi Faith yang depan atas, bagian atasnya dekat gusi itu kuning2..
Digosok2 gak bisa..
Terus sempat Faith dilihat sama dokter gigi teman oma nya dan dibilang caries... :(
Padahal udah disayang2 gigi Faith..
Dari kecil aku gak bolehin dia minum susu sampe ketiduran... (kecuali waktu bayi pas nenen langsung)
Disiplin sikat gigi bangun pagi dan sebelum tidur..
Tapi mungkin cariesnya karena dia suka ngemut makanan...
Karena sempat ngemutnya parah banget, dan aku dilema antara mau ngajarin gak boleh buang makanan dan kesehatan gigi, krn anaknya ya jadi gak buang makanannya, tapi diemut... nah loh...

Pas belum 2 tahun sempet dilihat sama dr gigi teman oma itu dan anaknya nangis kejer gak mau buka mulut... walopun akhirnya dibuka juga dan saat itu katanya giginya masih bagus semua...
Makanya harus cari drg yang khusus anak..
Browsing2 udah lama pengen ke drg Alya, tapi males ke Tebet... eh terus baca blognya Angela disini katanya drg Alya praktek di KMC..
Akhirnya daftarin Faith ke drg Alya di KMC..
Lucunya pas disana ketemu Angela yang baru aja dari drg Alya juga hehehe...

Drg Alya ini adiknya ex boss aku.. hehe dan mukanya sama gaya bicaranya persis banget..

Ruangan dr di KMC didesign buat anak2, tempat duduknya pink, ada TV yang memutar Disney Channel..
Terus disediain meja kecil buat anak colouring pas mamanya konsultasi..

Faith duduk dipangku aku..
Lucu pas ditanya sama drg Alya, Faith sekolah dimana?
Faith jawabnya di bioskop hehehe... (soalnya sekolah minggunya pinjem tempat di bioskop)
Terus ditanya What colour of your teeth..
Faith jawabnya kuning... hehehe...

Sebelum ke drg aku memang udah latian dirumah, pura2nya aku jadi drg nya, jadi suruh Faith buka mulut dll.. jadi kemarin Faith dengan senang hati buka mulut..
Pertama drg Alya hitung gigi Faith sambil dia lihat kondisinya..
Giginya udah lengkap ada 20..
Tapi Bolongnya ada banyak hiks2.. yang gigi atas depan semuanya.. dan gigi bawah satu..
Yang bagian kanan lumayan parah sampai drg Alya mutusin langsung ditambal.

Habis dihitung giginya, drg Alya ajak Faith sikat gigi...
Sikat giginya pake alatnya, sebenernya bersihin karang gigi deh.. tapi pelan sekali..
Aku lihat di kaca sih karang2nya pada copot..

Nah pas mau ditambal Faith gak mau soalnya ganti alat yang agak kayak bor gitu..
Untung drg Alya cepat tanggap gak paksain Faith, dialihin perhatiannya.. terus kita disuruh hitung bareng2.. kira2 15 detik-an gitu.. udah beres ditambalnya hehehe..

Sehabis tindakan Faith dikasih sticker.. dan dikasih gambar kuda poni buat mewarnai..
Sembari Faith sibuk mewarnai, aku tanya2..
Kata drg Alya caries Faith ini memang karena ngemut..
Katanya beda kalau yang karena susu ketiduran itu..
Terus aku tanya lagi kalo adenya suka abis minum ASI kan lgs tidur, nah katanya disuruh bersiin langsung (wakss bisa bangun lagi tuh si dede hehehe)..

Terus aku juga nanya gigi Faith yang bawah agak dempet2 satu dengan yang lain..
Drg Alya juga udah perhatiin, dan katanya kemungkinan nanti pas umur 12 tahun Faith harus melakukan prosedur merapikan gigi jadi kita disuruh prepare.. (huiks)..
Pas aku tanya kenapa, apa karena kurang mengunyah jadi rahangnya kurang besar?
Katanya bukan, beda kalo kurang mengunyah bentuk rahangnya gimana gitu
kalo yang ini genetik katanya..
Aku langsung spontan, iya niru papanya.. drg Alya langsung ketawa hehee..

Abis itu bikin jadwal lagi buat tambal yang lainnya..
Trus pas mau pulang, eh Faith katanya masih mau mewarnai disitu dong... aku bilang warnain dirumah aja yah.. untung dia nurut..

So far puas semua sama drg Alya dan gak nyangka Faith mau diambil tindakan..
Drg Alya ini recommended banget karena dia good with kids, udah gitu murah informasi dan murah senyum...

Tapi pas liat billnya pusing juga hahaha.. semoga bisa direimburse...
Pantes aja yang di Tebet rame, di KMC ga rame.. :)

Btw ini pertama kali aku ke KMC, KMC bagus juga ya, dalemnya ada Mothercare... diuar ada mini playground, terus parkir gak bayar... dan less crowded daripada RSPI..tapi macet euy kesana.. !

12 comments:

  1. kalo sekolahnya di bioskop asik bagnet ya... hahaha

    dokter giginya pinter ya bisa ngalihin perhatian anak2. moga2 abis ini giginya gak bolong lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih.. semoga ga bolong lagi yah.. sekarang udah ga ngemut sih dia..

      Delete
  2. Wahh.. Cocok berarti emang dokternya yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang banyak yang rekomen drg ini..

      Delete
  3. Bagus ya dokternya bisa pendekatan ke anak2...jadi next time kalo kesitu Faith udah ga takut lagi. Kalo gigi Vianney setelah copot yang atas malah tumbuhnya renggang sekarang ada rongga gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh malah ada rongga ya? padahal setau aku yang ada rongga itu bagusnya kalau gigi susu karena gigi susu lebih kecil daripada gigi permanen. kemaren dia sebutin sih yang ada rongga itu kenapa.. tapi aku gak terlalu perhatiin..

      Delete
  4. Anak sepupu aku juga ada kuning" gitu di giginya, anaknya emang suka ngemut makanan. Kira" waktu ganti dari gigi susu ke gigi tetep, akan hilang ga yah cariesnya ci?hehhee

    thx for the info. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya hilang ya.. cuman aku baca2 katanya gigi harus dirawat walopun baru gigi susu karena akan jadi pondasi untuk gigi tetepnya..

      Delete
  5. halo ci, first comment. Ud srg baca2, tp biasanya silent reader. Berhubung emg lg nyari2 dokter gigi anak, jd memberanikan diri bt bertanya, hehe.. Ci, tanya dokter alya nya (drg. Nila Alya Maulidina) praktek di KMC cm hr selasa aja yah ? rame gk yah antriannya ? Faith gk nangis ya ci ? thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo thank you buat commentnya.. iya drg alya praktek hari selasa aja.. telpon dulu untuk bikin appointment, nanti dikasih tau jam berapa, jadi dateng langsung masuk, gak usah antri lagi. Kalau mau lebih murah ke kliniknya di Tebet (the smile center) hehe.. tapi katanya antrinya sampe 2 bulan hehe..

      Delete
  6. Sudah dari lama baca post ini via hp, gak tau kenapa kalo aq buka lewat hp selalu gak bisa leave comment... Ini pas sempat buka laptop.
    Aku nggak ngira loh kalo anak umur 3 tahun gitu bisa bolong juga ya giginya? Aku blm pernah bawa Alice ke dokter gigi Bon, di sini gak ada drg yg khusus anak2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa justru anak kecil lebih rentan karena giginya lebih tipis yah..
      coba deh bawa, mungkin kalo ga ada drg khusus anak, cari yang ramah2 gitu jadi anak2 gak takut

      Delete